TINJAUAN YURIDIS TERHADAP TINDAK PIDANA PERCOBAAN PENCURIAN KOTAK AMAL (Studi Kasus Putusan Nomor: 196/Pid.B/2021/PN Unr)

Putranti, Salfinia Hadi (2022) TINJAUAN YURIDIS TERHADAP TINDAK PIDANA PERCOBAAN PENCURIAN KOTAK AMAL (Studi Kasus Putusan Nomor: 196/Pid.B/2021/PN Unr). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB)
[img] Text
30301900309_fullpdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pencurian merupakan salah satu jenis kejahatan yang sudah marak terjadi di kalangan masyarakat. Tindakan ini termasuk dalam perbuatan melawan hukum dimana perbuatannya dilakukan dengan mengambil barang milik orang lain tanpa seizin pemilik, sehingga dapat merugikan korban. Akibat dari pencurian tersebut dapat menimbulkan keresahan bagi masyarakat sekitar, salah satu tindakannya ialah percobaan pencurian kotak amal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan hukum terhadap tindak pidana percobaan pencurian kotak amal dalam putusan nomor 196/Pid.B/2021/PN Unr dan untuk mengetahui pertimbangan hakim dalam menjatuhkan putusan terhadap tindak pidana percobaan pencurian kotak amal dalam putusan nomor 196/Pid.B/2021/PN Unr. Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan skripsi ini yaitu yuridis sosiologis dengan mengkaji ketentuan hukum yang berlaku dari suatu fenomena yang terjadi di kehidupan masyarakat yang bertujuan untuk menemukan fakta kemudian menuju pada identifikasi dan pada akhirnya sampai pada penyelesaian suatu masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan hukum terhadap tindak pidana percobaan pencurian kotak amal dalam putusan nomor 196/Pid.B/2021/PN Unr sudah sesuai dengan ketentuan dalam Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) dimana terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana percobaan pencurian dan didakwakan dengan dakwaan Pasal 363 ayat (1) ke-5 KUHP jo Pasal 53 ayat (1) KUHP. Selanjutnya, pertimbangan hakim dalam menjatuhkan putusan terhadap terdakwa dalam putusan nomor 196/Pid.B/2021/PN Unr terdakwa dipidana penjara selama 7 (tujuh) bulan karena terbukti bersalah. Pertimbangan hakim dalam perkara ini telah sesuai dimana hakim telah mempertimbangkan baik dari fakta-fakta di persidangan, alat bukti, keterangan saksi maupun keterangan terdakwa. Selain itu, terdakwa dianggap sehat jasmani dan rohani sehingga dianggap mampu mempertanggungjawabkan perbuatannya. Kata kunci : Tindak Pidana; Pencurian; Percobaan; Kotak Amal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 18 Aug 2023 04:01
Last Modified: 18 Aug 2023 04:01
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30462

Actions (login required)

View Item View Item