PERAN ADVOKAT DALAM PENDAMPINGAN PERKARA TINDAK PIDANA PENCUCIAN UANG DI PENGADILAN (Studi Kasus di LAW OFFICE INDARTO & PARTNERS)

Dahlia, Selpi (2022) PERAN ADVOKAT DALAM PENDAMPINGAN PERKARA TINDAK PIDANA PENCUCIAN UANG DI PENGADILAN (Studi Kasus di LAW OFFICE INDARTO & PARTNERS). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB)
[img] Text
30301900315_fullpdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Peran dan fungsi advokat sebagai profesi yang bebas, mandiri, dan bertanggung jawab sangat penting dalam upaya mewujudkan prinsip-prinsip supremasi hukum dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Dalam penulisan skripsi ini dilakukan untuk mengetahui peran advokat dalam pendampingan perkara tindak pidana pencucian uang di pengadilan, dan untuk mengetahui hambatan dan solusi yang dihadapi advokat dalam pendampingan tindak pidana pencucian uang di pengadilan. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah yuridis sosiologis yang mana memaparkan suatu pernyataan yang ada dilapangan berdasarkan asas-asas hukum, kaidah-kaidah hukum, atau perundang-undangan yang berlaku dan ada kaitannya dengan permasalahan yang akan dikaji. Hasil dari penelitian yang diperoleh penulis dalam proses Persidangan/Litigasi bahwa telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana penipuan dan pencucian uang. Akan tetapi dalam proses Non Litigasi Advokat juga telah mengupayakan perdamaian antara Para Terdakwa dengan Saksi korban diluar persidangan/pengadilan sehingga akhirnya muncul surat perdamaian diantara kedua belah pihak yang diwakili oleh advokat. Peran advokat tersebut telah mempengaruhi jalannya proses persidangan sehingga akhirnya mempengaruhi majelis hakim untuk meringankan hukuman para terdakwa. Kata Kunci : Peran, Advokat, Pendampingan, Tindak Pidana Pencucian Uang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 15 Aug 2023 04:14
Last Modified: 15 Aug 2023 04:14
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30459

Actions (login required)

View Item View Item