KHASANAH, USWATUN (2023) IMPLEMENTASI KEGIATAN TAKROR DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI PONDOK PESANTREN NURAL FIRDAUS KAUMAN SULANG REMBANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
Text
Pendidikan Agama Islam_31501900135_fullpdf.pdf Download (1MB) |
|
Text
Pendidikan Agama Islam_31501900135_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (140kB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan keefektifan penggunaan metode pembelajaran Pendidikan Agama Islam sebagai jembatan untuk meningkatkan pemahaman santri pondok pesantren Nural Firdaus Kauman Sulang Rembang. Metode yang digunakan adalah pembelajaraan mengulang-ulang materi atau dalam pondok pesantren Nural Firdaus disebut takror. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif serta menggunakan pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, pondok pesantren Nural Firdaus telah menerapkan kegiatan takror yang diharapkan dapat mempererat interaksi santri dalam pembelajaran dan dapat memberikan dampak kuat bagi pemahaman atas materi yang diajarkan oleh guru, serta menumbuhkan sifat berani dan percaya diri yang tinggi untuk merefleksikan pengetahuannya dihadapan orang lain baik secara individu maupun kelompok. Kata Kunci: Pesantren, Takror, Pemahaman
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam) |
Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA |
Date Deposited: | 10 Aug 2023 03:13 |
Last Modified: | 10 Aug 2023 03:13 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30455 |
Actions (login required)
View Item |