STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENGATASI PERUNDUNGAN DI MI MIFTAHUSH SHIBYAN 02 GENUKSARI SEMARANG TAHUN AJARAN 2022/2023

Fadli, Ummu Syarifah (2023) STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENGATASI PERUNDUNGAN DI MI MIFTAHUSH SHIBYAN 02 GENUKSARI SEMARANG TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31501900134_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31501900134_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru akidah akhlak dalam mengatasi perundungan di MI Miftahush Shibyan 02 Genuksari Semarang tahun ajaran 2022/2023. Dalam penelitian ini terdapat rumusan masalah bagaimana bentuk-bentuk perundungan di MI Miftahush Shibyan, bagaimana strategi guru akidah akhlak dalam mengatasi perundungan di MI Miftahush Shibyan, dan faktor pendukung dan faktor pengambat dalam mengatasi perundungan di MI Miftahush Shibyan. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Lokasi penelitian di MI Miftahsuh Shibyan 02 Genuksari Semarang. Jenis dan sumber data yang digunakan berupa data primer dan sekunder.Teknikpengumpulan data menggunaka observasi,wawancara,dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data,penyajian data,dan penarikan kesimpulan. Uji kebsahan datamenggunakan triangulasi teknik,sumber,dan waktu. Hasil penelitian bahwa di MI Miftahush Shibyan 02 Genuksari Semarang terdapat beberapa bentuk-bentuk perundungan yang ada di MI Miftahush Shibyan 02 yaitu diantaranya perundungan verbal, perundungan fisik dan perundungan psikologis atau mental, sedangkan upaya guru akidah akhlak dalam mengatasi perundungan yaitu memberi nasehat atau himbauan, memberikan hukuman, mengaitkan materi dengan kehidupan sehari- hari, memberika reward atau hadiah. Kemudian faktor penghambat guru dalam mengatasi perundungan yaitu siswa tidak mau melaporkan kepada guru, anak yang tidak mau mendengar sudah nasehat dan tetap melanggar dengan berbuat perundungan, serta sarana dan prasarana yang kurang mendukung sedangkan faktor pendukung guru dalam mengatasi perundungan yaitu murid mau melaporkan kepada guru, sehingga guru akan menindak lanjuti dan adanya kesadaran dari peserta didik dalam mengikuti program keagamaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 10 Aug 2023 03:13
Last Modified: 10 Aug 2023 03:13
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30453

Actions (login required)

View Item View Item