NILAI PENDIDIKAN AKHLAK MENURUT SYEIKH MUHAMMAD SYAKIR AL ISKANDAR DALAM KITAB WASHAYA AL ABA’LIL AL ABNA’

SALAMAH, UMI (2023) NILAI PENDIDIKAN AKHLAK MENURUT SYEIKH MUHAMMAD SYAKIR AL ISKANDAR DALAM KITAB WASHAYA AL ABA’LIL AL ABNA’. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31501900133_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31501900133_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (42kB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengolaborasi pemikiran syekh Muhammad Syakir Al Iskandar dalam kitab Washoya al-aba’ Lil al-abna’ tentang pendidikan akhlak. Penelitian ini dipandang penting mengingat problem etika yang dihadapi masyarakat modern. Syekh Muhammad Syakir adalah seorang ulama dan guru besar Universitas Al-Azhar yang pemikiran, sikap, dan perilakunya memiliki pengaruh signifikan terhadap umat Islam termasuk di Tanah Air. Melalui karyanya Washaya al-aba’ Lil al-abna’ menjadi salah satu bahan ajar materi pendidikan di Indonesia terutama pendidikan dasar di pesantren-pesantren salaf. Dengan menggunakan metode analisis isi, penelitian ini menghasilkan sejumlah temuan, yaitu salah satu tujuan pendidikan menurut Syekh Muhammad Syakir ini adalah untuk menjadikan peserta didik memiliki akhlak yang mulia, yakni adanya perubahan perilaku peserta didik ke arah yang lebih baik. Tujuan pendidikan ini sekaligus merupakan bentuk konkret dari tujuan pendidikan yang paling utama, yaitu iman dan takwa kepada Tuhan yang Maha Esa. Kata Kunci : Nilai Pendidikan, Akhlak Kepada Allah, Akhlak kepada Sesama Manusia

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 10 Aug 2023 04:07
Last Modified: 10 Aug 2023 04:07
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30451

Actions (login required)

View Item View Item