PERAN PONDOK PESANTREN AL-FATTAAH DEMAK DALAM MEMBENTUK AKHLAK PESERTA DIDIK KELAS XI TKR DI SMK AL-FATTAAH BOARDING SCHOOL DEMAK

NAJI, SYUKRON (2023) PERAN PONDOK PESANTREN AL-FATTAAH DEMAK DALAM MEMBENTUK AKHLAK PESERTA DIDIK KELAS XI TKR DI SMK AL-FATTAAH BOARDING SCHOOL DEMAK. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31501900127_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31501900127_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan lingkungan pendidikan pesantren Al-Fattaah Demak, mendeskripsikan akhlak peserta didik kelas XI TKR di SMK Al-Fattaah Boarding School Demak dan mendeskripsikan peran mendeskripsika peran pondok pesantren Al-Fattaah Demak dalam membentuk akhlak peserta didik di Sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode analisis deskriptif. Adapun pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, lingkungan pendidikan pesantren Al-fattaah Demak berada dalam kriteria sangat baik karena banyaknya kegiatan yang sifanya positif menjadikan pesantren ini mempunyai andil dalam pembentukan akhlak siswa maupun santri. Kemudian kondisi akhlak peserta didik kelas XI TKR mengalami peningkatan setiap tahunnya dibuktikan dengan aktivitas sehari-hari peserta didik di Sekolah seperti mengucapkan salam kepada guru maupun warga sekolah. Selain itu, pesantren juga memiliki peran dalam membentuk akhlak peserta didik di Sekolah, salah satu bentuk peranannya yaitu kegiatan kajian kitab Ta’lim wa Muta’alim di Sekolah yang dipimpin langsung oleh pengasuh pesantren. Kata Kunci: Pendidikan Pesantren, Pembentukan Akhlak

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 10 Aug 2023 04:06
Last Modified: 10 Aug 2023 04:06
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30449

Actions (login required)

View Item View Item