UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM PEMBENTUKAN AKHLAKUL KARIMAH PESERTA DIDIK MELALUI KEGIATAN KO-KURIKULER PAI DI SMA NEGERI 1 MRANGGEN DEMAK

NOVITASARI, SUKMA (2023) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM PEMBENTUKAN AKHLAKUL KARIMAH PESERTA DIDIK MELALUI KEGIATAN KO-KURIKULER PAI DI SMA NEGERI 1 MRANGGEN DEMAK. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31501900124_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31501900124_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Upaya Guru (PAI) Dalam Pembentukan Akhlakul Karimah Melalui Kegiatan Ko-kurikuler PAI Di SMA Negeri 1 Mranggen Demak. Guna membentuk akhlakul karimah peserta didik pastinya guru PAI perlu menyiapkan usaha-usaha yang sesuai agar bisa meraih tujuan yang diinginkan, dalam hal ini guru PAI menggunakan kegiatan Ko-Kurikuler PAI dalam usaha membentuk akhlakul karimah peserta didik. Penelitian yang penulis lakukan ini menggunakan jenis penelitian field research atau penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi dengan metode analisisnya yakni metode analisis berupa reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Kemudian mengecek kebenaran data menggunakan teknik triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Narasumber dalam penelitian ini adalah guru PAI, Kepala Sekolah dan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah dilakukan pembentukan akhlakul karimah peserta didik melalui kegiatan Ko-kurikuler PAI yang telah diupayakan guru PAI menghasilkan perubahan dalam diri peserta didik yang begitu signifikan, memang pada awalnya masih sulit tetapi sesuai dengan berjalannya waktu bisa berubah banyak. Aspek dalam upaya guru PAI disini selalu merancang perencanaan sebelum membentuk akhlakul karimah peserta didik, kemudian melaksanakan kegiatan sesuai dengan perencanaan, dan evaluasi ketika kegiatan sudah dilaksanakan. Guru PAI disini dituntut harus mampu membentuk akhlakul karimah peserta didik agar menjadi manusia yang mulia. Kata Kunci : Upaya Guru PAI; Pembentukan Akhlakul Karimah;Ko-Kurikuler PAI.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 10 Aug 2023 03:44
Last Modified: 10 Aug 2023 03:44
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30444

Actions (login required)

View Item View Item