ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEJADIAN NYERI PUNGGUNG PADA IBU HAMIL TRIMESTER III MULTIPARA DI DESA PADURENAN KECAMATAN GEBOG KABUPATEN KUDUS

ARUMMEGA, MELATI NUR (2023) ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEJADIAN NYERI PUNGGUNG PADA IBU HAMIL TRIMESTER III MULTIPARA DI DESA PADURENAN KECAMATAN GEBOG KABUPATEN KUDUS. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB)
[img] Text
32102100020_fullpdf.pdf

Download (5MB)

Abstract

Latar belakang : Nyeri punggung adalah keluhan yang sering dialami ibu hamil. Faktor yang mempengaruhi nyeri punggung yaitu umur, umur kehamilan, paritas, aktivitas sehari-hari dan body relaxation. Tujuan : untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi kejadian nyeri punggung ibu hamil trimester III multipara di Desa Padurenan Gebog Kudus. Metode : Penelitian dengan cross sectional, sampel sebanyak 53 responden. Hasil uji statistik berupa SPSS dengan menggunakan uji Fisher Exact dengan nilai ρ=1,000 > α = 0,05 pada hubungan umur, uji Chi Square pada hubungan aktivitas sehari-hari dengan ρ=0,002 < α = 0,05 dan hubungan body relaxation ρ=0,143 > α = 0,05 terhadap kejadian nyeri punggung. Hasil : Terdapat hubungan aktivitas sehari-hari terhadap kejadian nyeri punggung, sedangkan umur dan body relaxation tidak terdapat hubungan. Aktivitas yang tinggi selama kehamilan menyebabkan nyeri punggung berat sehingga memberikan dampak negatif dalam beraktivitas. Kesimpulan : ada hubungan aktivitas sehari-hari dan kejadian nyeri punggung pada ibu hamil trimester III multipara di Desa Padurenan Gebog Kudus sedangkan umur dan body relaxation tidak ada hubungan. Diharapkan ibu hamil dengan trimester III dapat mengatasi nyeri dengan teknik sederhana serta mengurangi aktivitas berat selama kehamilan. Kata kunci : aktivitas sehari-hari, kehamilan trimester 3, nyeri punggung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > S1 Kebidanan
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 10 Aug 2023 02:31
Last Modified: 10 Aug 2023 02:31
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30441

Actions (login required)

View Item View Item