STRATEGI GURU TAḤFἰẒ DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN HAFALAN AL-QURAN SANTRI USIA DINI DI PASCA TPQ PROGRAM TAḤFἰẒ (PTPT) ROUDLATUT THOLIBIN UNDAAN KUDUS

SYARIFAH, SITI NUR KHALIMATUS (2023) STRATEGI GURU TAḤFἰẒ DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN HAFALAN AL-QURAN SANTRI USIA DINI DI PASCA TPQ PROGRAM TAḤFἰẒ (PTPT) ROUDLATUT THOLIBIN UNDAAN KUDUS. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31501900120_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31501900120_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (95kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru Taḥfἰẓ dalam meningkatkan hafalan Al-Quran santri usia dini di PTPT Roudlatut Tholibin Undaan Kudus, untuk mengamati lebih dalam tentang kelancaran hafalan Al- Quran santri, kesesuaian bacaan dengan hukum tajwid dan fashohahnya. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi, menggunakan metode analisis reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Untuk memastikan kebenaran data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Narasumber dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru Taḥfἰẓ, dan santri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi guru Taḥfἰẓ yang diterapkan dapat meningkatkan hafalan Al-Quran santri. Dalam strategi guru Taḥfἰẓ ini selalu memperhatikan kelancaran hafalan Al-Quran, kesesuaian dengan ilmu tajwid, dan fashohahnya. Guru Taḥfἰẓ bekerjasama dengan orangtua santri untuk mengontrol strategi yang diterapkan yaitu tadarrus Al-Quran sebanyak 60x yang di baca dirumah masing-masing. Kata Kunci; Strategi Guru Taḥfἰẓ; Hafalan Al-Quran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 10 Aug 2023 03:17
Last Modified: 10 Aug 2023 03:17
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30438

Actions (login required)

View Item View Item