UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM MEINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL SURAT-SURAT PENDEK PESERTA DIDIK DI SD IT ASSHODIQIYAH SEMARANG TAHUN 2022/2023

LUTFATUL’AINI, SITI (2023) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM MEINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL SURAT-SURAT PENDEK PESERTA DIDIK DI SD IT ASSHODIQIYAH SEMARANG TAHUN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31501900119_fullpdf.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31501900119_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB)

Abstract

Penelitian dilakukan untuk mengetahui bagaimana upaya guru Pendidikan Agama Islam (PAI) untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menghafalkan surat-surat pendek Al-Qur’an di SD IT Asshodiqiyah. Penelitian menggunakan metode kualitatif melalui penelitian lapangan dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi pelaksanaan kegiatan, wawancara, dan dokumentasi. Proses analisis data dalam penelitian yaitu mengumpulkan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Selain itu, untuk mengetahui keabsahan data menggunakan uji dengan teknik triangulasi. Penelitian memperoleh hasil bahwa upaya yang dilakukan guru PAI untuk meningkatkan kemampuan menghafal surat-surat pendek peserta didik dengan menuangkan inovasi pembentukan kegiatan khusus program menghafal/program tahfidz dengan menggunakan metode pembiasaan (tikrar) dan metode setoran (talaqqi), dimana sebelumnya peserta didik menghaflakan hanya pada pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an (BTAQ). Adapun beberapa fator pendukung program menghafal 1) Semangat peserta didik. 2) Dukungan orang tua. 3) lingkungan sekolah. 4) semangat guru. 6) waktu yang diguakan. Adapun faktor penghambatnya yaitu kemapuan yang berbeda, kedisiplinan, waktu yang singkat, dan sarana prasarana. Kemapuan menghafal peserta didik dinilai mengalaimi peningkatan dari sebelum adanya metode tikrar dan talaqqi. Penilaian dari guru dilihat dari awal pelaksanaan dimana peserta didik masih menirukan ayat demi ayat yang dibacakan guru, saat ini peserta didik sudah mampu melanjutkan ayat pertama yang disampaikan guru. Kata kunci : Guru PAI, kemampuan, menghafal surat-surat pendek

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 10 Aug 2023 04:18
Last Modified: 10 Aug 2023 04:18
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30436

Actions (login required)

View Item View Item