IMPLEMENTASI TA’ZIR DALAM PEMBENTUKAN KEDISIPLINAN SANTRI DI PONDOK PESANTREN NURUL ISLAM SEMARANG TAHUN AJARAN 2022/2023

MAULYDA, SILVIANA (2023) IMPLEMENTASI TA’ZIR DALAM PEMBENTUKAN KEDISIPLINAN SANTRI DI PONDOK PESANTREN NURUL ISLAM SEMARANG TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31501900118_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31501900118_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui implementasi ta’zir di pondok pesantren Nurul Islam yang berisi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi, (2) Untuk mengetahui kedisiplinan santri pondok pesantren Nurul Islam, (3) Untuk mengetahui keefektifan implementasi ta’zir dalam pembentukkan kedisiplinan santri di pondok pesantren Nurul Islam Semarang. Jenis penelitian ini penelitian kualitatif dan penelitian ini merupakan penelitian lapangan. Metode yang digunakan dalam pengambilan data yaitu metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data pada penelitian ini merupakan pengasuh pondok pesantren Nurul Islam, pengurus bidang keamanan pondok pesantren Nurul Islam dan beberapa santri. Analisi data yang digunakan yaitu dengan cara mereduksi data yang disajikan dalam bentuk deskriptif dan diverifikasi dengan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyatakan bahwa pengimplementasiaan ta’zir sudah baik dan efektif dalam membentuk kedisiplinan santri di pondok pesantren Nurul Islam Semarang. Menurut data yang diperoleh yaitu melalui presensi kehadiran atau keterlambatan ketika kegiatan dan melalui hasil wawancara disimpulkan penerapan yang baik. Hasil data berupa presensi memperlihatkan berkurangnya pelanggaran santri dan semakin tertib hadir tepat waktu pada kegiatan-kegiatan yang ada di pondok pesantren. berdasarkan hasil wawancara keefektifan implementasi ta’zir dalam membentuk kedisiplinan santri di pondok mencapai 90% efektif diterapkan dalam membangun karakter disiplinan santri. Kata Kunci: Ta’zir, Kedisiplinan Santri, Pondok Pesantren.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 10 Aug 2023 04:20
Last Modified: 10 Aug 2023 04:20
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30434

Actions (login required)

View Item View Item