PERBEDAAN PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU HAMIL SEBELUM DAN SETELAH DIBERIKAN PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN MEDIA LEAFLET DALAM UPAYA PENCEGAHAN KETUBAN PECAH DINI DI RUMAH SAKIT UMUM PURI ASIH SALATIGA

ESTINA, REKA ANGGIE (2022) PERBEDAAN PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU HAMIL SEBELUM DAN SETELAH DIBERIKAN PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN MEDIA LEAFLET DALAM UPAYA PENCEGAHAN KETUBAN PECAH DINI DI RUMAH SAKIT UMUM PURI ASIH SALATIGA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB)
[img] Text
32102100028_fullpdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pendahuluan: Ketuban pecah dini (KPD) merupakan robeknya membran ketuban yang terjadi pada ibu sebelum melewati waktu persalinan, kemudian bisa terjadi pada fase laten ibu bersalin, dan pada waktu kehamilan memasuki trimester II maupun trimester III. Kejadian KPD dipengaruhi oleh kurangnya pengetahuan dan sikap ibu hamil mengenai tanda bahaya kehamilan. Tujuan: penelitian ini mengetahui bagaimana perbedaan pengetahuan dan sikap ibu hamil sebelum dan setelah diberikan pendidikan kesehatan dengan media leaflet dalam upaya pencegahan ketuban pecah dini di rumah sakit umum Puri Asih Salatiga. Metode Penelitian: ini penelitian kuantitatif dengan pendekatan rancangan desain one group pretest posttest design, teknik sampling yang digunakan consecutive sampling dan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Uji statistik yang digunakan yaitu uji wilcoxon signed rank test. Hasil penelitian: diperoleh hasil bahwa adanya perbedaan yang signifikan pengetahuan dan sikap ibu hamil sebelum dan sesudah diberikan pendidikan kesehatan melalui media leaflet dalam pencegahan KPD dengan p value 0,000. Kata Kunci: pendidikan kesehatan, pengetahuan, sikap, ibu hamil.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > S1 Kebidanan
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 10 Aug 2023 02:18
Last Modified: 10 Aug 2023 02:18
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30433

Actions (login required)

View Item View Item