INTERNALISASI PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS X SMK NEGERI 2 PURWODADI

ATMOKO, RIMBA DWI (2023) INTERNALISASI PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS X SMK NEGERI 2 PURWODADI. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31501900112_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31501900112_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Internalisasi Profil Pelajar Pancasila dalam pembelajaran PAI, bentuk internalisasi yang ditempuh dalam konteks penguatan karakter sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila, dan kendala internalisasi Profil Pelajar Pancasila pada pembelajaran PAI di SMK Negeri 2 Purwodadi. Pertanyaan yang ingin dijawab dari penelitian ini yaitu: bagaimana Profil Pelajar Pancasila di SMK Negeri 2 Purwodadi?. bagaimana internalisasi Profil Pelajar Pancasila pada pembelajaran PAI di SMK Negeri 2 Purwodadi?. apa saja faktor Kendala internalisasi Profil Pelajar Pancasila pada pembelajaran PAI di SMK Negeri 2 Purwodai? Penelitian ini menggunakan jenis kualitatif, penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), guru PAI, dan siswa SMK Negeri 2 Purwodadi. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan melalui tiga tahap, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan serta verifikasi. Dalam pengecekan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil dari penelitian ini yaitu sebagai berikut: 1) Profil Pelajar Pancasila di SMK Negeri 2 Purwodadi melalui penerapan pembiasaan-pembiasaan sesuai dengan indikator Profil Pelajar Pancasila seperti: sholat jamaah, sholat dhuha, membaca asmaul husna dan kegiatan pendukung lainnya. 2) internalisasi yang dilakukan dalam konteks penguatan karakter sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila dalam pembelajaran PAI di SMK Negeri 2 Purwodadi seperti: memasukkan Profil Pelajar Pancasila dalam mata pelajaran, pembinaan kedisiplinan siswa, guru memberikan nasihat dan teladan, menjelaskan kepada siswa tentang etika terhadap guru, menekankan kepada siswa tentang makna Islam dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari, pembiasaan-pembiasaan seperti sholat jamaah, sholat dhuha, membaca asmaul husna dan berdo’a sebelum dan sesudah pembelajaran. 3) Kendala internalisasi Profil Pelajaar Pancasila pada pembelajaran PAI seperti: kurikulum masih baru, belum semua guru mendapat pelatihan intensif mengenai kurikulum SMK Pusat Keunggulan. Kata kunci: Internalisasi, profil pelajar Pancasila, Pembelajaran PAI

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 10 Aug 2023 02:56
Last Modified: 10 Aug 2023 02:56
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30426

Actions (login required)

View Item View Item