PENGARUH PEMBERIAN VIDEO TERHADAP PENGETAHUAN KANKER SERVIKS PADA WANITA USIA SUBUR DI DESA JATIREJA KECAMATAN COMPRENG KABUPATEN SUBANG

KHABIBAH, UMU (2023) PENGARUH PEMBERIAN VIDEO TERHADAP PENGETAHUAN KANKER SERVIKS PADA WANITA USIA SUBUR DI DESA JATIREJA KECAMATAN COMPRENG KABUPATEN SUBANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (58kB)
[img] Text
32102100036_fullpdf.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kanker serviks merupakan gangguan kesehatan reproduksi yang ditandai dengan tumbuhnya sel-sel yang abnormal. Secara global kanker serviks penyebab kematian utama urutan keempat di Dunia pada wanita. 99,7% penyebab utama kanker serviks adalah HPV, kanker serviks paling sering di diagnosis pada wanita usia 35 dan 44 tahun dengan usia rata-rata saat diagnosis yaitu 50 tahun. Oleh karena itu kanker serviks perlu diketahui oleh wanita usia subur, dari pengetahuan wanita subur bisa mencegah terjadinya kanker serviks. Upaya meningkatkan pengetahuan wanita usia subur salah satunya melalui penyuluhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian video terhadap tingkat pengetahuan kanker serviks pada wanita usia subur di Desa Jatireja Kecamatan Compreng Kabupaten Subang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan desain Quasi Experimental Designs dengan Nonquivalent Control Group, Sampel berjumlah 28 pada kelompok kontrol dan 28 pada kelompok eksperimen diperoleh melalui teknik Sampilng Purposive. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dianalisis menggunkan Uji Chi Square. Hasil penelitian menunjukan p - 0, 624 bahwa (p> 0,05) sehingga sama-sama berpengaruh kedua metode tersebut meningkatkan pengetahuan. Saran untuk nakes menggunakan video dengan materi yang lebih jelas dan menarik, dan diselenggarakan ditempat khusus penyuluhan agar pemberian edukasi lebih efektif. Kata Kunci : Kanker serviks, video, pengetahuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > S1 Kebidanan
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 10 Aug 2023 01:52
Last Modified: 10 Aug 2023 01:58
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30421

Actions (login required)

View Item View Item