STRATEGI GURU DALAM PEMBELAJARAN TAHFIZ QUR’AN DI SDIT PERMATA BUNDA MRANGGEN DEMAK

FADHILAH, NURUL (2023) STRATEGI GURU DALAM PEMBELAJARAN TAHFIZ QUR’AN DI SDIT PERMATA BUNDA MRANGGEN DEMAK. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31501900101_fullpdf.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31501900101_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB)

Abstract

Penelitian dilakukan untuk mendeskripsikan bagaimana menyusun strategi, bagaimana pelaksanaan strategi dan bagaimana bentuk mengukur hasil dalam pembelajaran tahfiz Al-Qur’an di SDIT Permata Bunda. Pada penelitian ini aspek yang diamati adalah mengenai strategi guru terhadap pembelajaran tahfiz qur’an. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini mendapatkan hasil bahwa : 1. Strategi guru dalam penyusunan program pembelajaran tahfidz qur’an di SDIT Permata Bunda Mranggen Demak berjalan dengan baik karena guru menyusun program secara matang dengan tujuan agar pembelajaran bisa berjalan dengan baik sehingga bisa tercapai target yang telah ditentukan yaitu 2 juz selama di SDIT Permata Bunda. Apalagi dengan diterapkan nya metode one day one ayat semakin memudahkan peserta didik dalam mencapai targetnya 2. Strategi guru dalam melaksanakan program pembelajaran tahfiz qur’an di SDIT Permata Bunda Mranggen Demak menggunakan metode one day one ayat sebagai metode dalam pelaksanaan pembelajaran tahfidz al-qur’an berjalan dengan baik karena proses pembelajaran selalu diawali dengan salam dan do’a dilanjutkan dengan murojaah dan talaqi bersama sehingga membuat peserta didik menjadi senang dalam belajarnya. 3. Strategi guru dalam bentuk mengukur hasil pembelajaran tahfiz qur’an di SDIT Permata Bunda Mranggen Demak menunjukkan hasil yang sangat baik karena penggunaan metode one day one ayat dapat meningkatkan jumlah hafalan sehingga nilai peserta didik bisa naik dan selalu konsisten Kata Kunci : strategi guru, pembelajaran, tahfiz Qur’an

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 10 Aug 2023 04:25
Last Modified: 10 Aug 2023 04:25
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30410

Actions (login required)

View Item View Item