STRATEGI GURU DALAM PEMBELAJARAN TAHFIDZUL QUR’AN (Studi Kasus Metode Tahfidzul Qur’an One Day One Colour di SD Islam Pangeran Diponegoro Semarang)

FADHILAH, NIA NUR (2023) STRATEGI GURU DALAM PEMBELAJARAN TAHFIDZUL QUR’AN (Studi Kasus Metode Tahfidzul Qur’an One Day One Colour di SD Islam Pangeran Diponegoro Semarang). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31501900098_fullpdf.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31501900098_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana guru dalam menyusun target pembelajaran tahfidzul Qur’an menggunakan metode one day one colour,bagaimana guru melaksanakan langkah-langkah dalam pembelajaran tahfidzul Qur’an menggunakan metode one day one colour,dan bagaimana guru menilai hasil pembelajaran tahfidzul Qur’an menggunakan metode one day one colour. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus terhadap pembelajaran tahfidzul Qur’an menggunakan metode one day one colour. Lokasi penelitian di SD Islam Pangeran Diponegoro Semarang. Jenis dan sumber data yang digunakan berupa data primer dan sekunder.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data,dan penarikan kesimpulan.Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik, sumber,dan waktu. Hasil penelitian menyatakan bahwa strategi guru dalam menyusun target pembelajaran tahfidzul Qur’an menggunakan metode one day one colour sudah baik karena sudah mencerminkan pembelajaran tahfidzul Qur’an yang terprogram secara utuh.Kemudian guru dalam melaksanakan langkah-langkah dalam pembelajaran tahfidzul Qur’an sudah efektif karena menunjukkan hasil atau pengaruh sesuai dengan target yang sudah disusun.Guru dalam menilai hasil pembelajaran tahfidzul Qur’an sangat meningkat karena melampaui target. Kata kunci: Strategi, Pembelajaran Tahfidzul Qur’an

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 10 Aug 2023 03:09
Last Modified: 10 Aug 2023 03:09
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30403

Actions (login required)

View Item View Item