PENEGAKAN HUKUM TINDAK PIDANA PERMUFAKATAN JAHAT JUAL BELI NARKOTIKA (Studi Kasus Putusan Nomor:127/Pid.Sus/2022/PN Dmk)

Rinaldi, Taufik (2023) PENEGAKAN HUKUM TINDAK PIDANA PERMUFAKATAN JAHAT JUAL BELI NARKOTIKA (Studi Kasus Putusan Nomor:127/Pid.Sus/2022/PN Dmk). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB)
[img] Text
30301900332_fullpdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Narkotika adalah zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan baik sintetis maupun semi sintetis yang menyebabkan penurunan kesadaran ,hilangnya rasa,mengurangi sampai menghilangkan rasa nyeri dan dapat menimbulkan ketergantungan Kejahatan Narkotika, merupakan kejahatan kemanusiaan luar biasa (extra ordinary crime) yang mempunyai dampak luar biasa, terutama pada generasi muda suatu bangsa yang beradab.Salah satu kejahatan Narkotika yaitu Permufakatan jahat (samenspanning) tindakan untuk melakukan suatu kejahatan, dapat dikatakan tindak pidana yang disepakati atau direncanakan. Penegakan hukum yaitu satu-kesatuan proses penyidikan, penangkapan, penahanan, peradilan terdakwa, dan diakhiri dengan permasyarakatan terpidana. Penulis melakukan penelitian skripsi dengan judul “PENEGAKAN HUKUM TINDAK PIDANA PERMUFAKATAN JAHAT JUAL BELI NARKOTIKA(Studi Putusan Putusan Nomor:127/Pid.Sus/2022/PN Dmk)”. Metode penelitian menggunakan pendekatan Yuridis Sosiologis yaitu di dalam menghadapi permasalahan yang dibahas berdasarkan peraturan-peraturan yang berlaku kemudian dihubungkan dengan kenyataan yang terjadi didalam masyarakat. Dalam menunjang dan melengkapi data sekunder, maka dilakukan penelitian lapangan guna memperoleh data primer. Data primer diperoleh melalui wawancara tidak terarah. Hasil penelitian mengenai permufakatan jahat jual beli narkotika dan kendala dan solusi menunjukan kesimpulan bahwa sanksi pidana yang di jatuhkan oleh majelis hakim dengan melihat fakta persidangan dan bukti-bukti yang di berikan oleh para penyidik dan kejaksaan. Memutuskan terhadap terdakwa I dan terdakwa II dengan hukuman penjara selama masing-masing 6(enam) tahun dan pidana denda sebesar Rp.1.000.000.000.00(satu milyar rupiah) dengan ketentuan apabila pidana denda tersebut tidak dibayar dengan pidana penjara 3 (tiga) bulan. Kata Kunci : Narkotika,Permufakatan Jahat,Penegakan Hukum.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 10 Aug 2023 03:14
Last Modified: 10 Aug 2023 03:14
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30402

Actions (login required)

View Item View Item