KELALAIAN DOKTER YANG BERAKIBAT MENINGGALNYA PASIEN DITINJAU DARI HUKUM PIDANA (STUDI PUTUSAN MAKAMAH AGUNG NOMOR 365 K/PID/2012)

Artapury, Tiarandyvia (2023) KELALAIAN DOKTER YANG BERAKIBAT MENINGGALNYA PASIEN DITINJAU DARI HUKUM PIDANA (STUDI PUTUSAN MAKAMAH AGUNG NOMOR 365 K/PID/2012). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (573kB)
[img] Text
30301900334_fullpdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Rumah sakit sebagai organisasi badan usaha di bidang Kesehatan mempunyai peranan yang penting untuk mewujudkan Kesehatan yang optimal untuk masyarakat. Oleh karena itu rumah sakit harus mampu mengelola kegiatan yang sudah diatur atau di bagi dengan mengutamakan tanggung jawab yang diberikan pada professional di bidang Kesehatan, terutama tenaga medis dan tenaga keperawatan dalam menjalankan tugas dan kewenangannya. Tidak seterusnya layanan medis yang sudah dilakukan oleh tenaga kesehatan di rumah sakit dapat membuahkan hasil yang diharapkan masyarakat yang berobat di layanan tersebut. Ada kalanya layanan tersebut terjadi kelalaian medis yang menimbulkan kecelakaan seperti misalnya, cacat, lumpuh atau bahkan meninggal dunia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tinjauan hukum pidana terhadap kelalaian medis yang mengakibatkan meninggalnya pasien dan juga untuk mengetahui pertanggungjawaban terhadap kelalaian medis yang dialami oleh pasien. Metode penelitian yang digunakan berdasarkan permasalahan yang diteliti oleh penulis, penelitian hukum yuridis-normatif. Berdasarkan hasil penelitian studi putusan ini pada permasalahan pertama seorang dokter melanggar Standar Operasional Prosedur (SOP) maka dokter tersebut dapat di pidana dan penegakan hukum pidana terhadap dokter yang melakukan kelalaian medis hingga mengakibatkan pasien meninggal telah diatur dalam UU Nomor 36 Tahun 2014 Tentang Tenaga Kesehatan pada Pasal 84 ayat (1) dan ayat (2). Selanjutnya permasalahan pertanggungjawaban kelalaian medis, pada pasal 359 dan pasal 360 KUHP seorang dokter yang melakukan tindakan kelalaian medis dapat dipertanggungjawabkan perbuatannya dan juga terbukti adanya unsur-unsur dari Tindakan kelalaian medis pada Studi Putusan Makamah Agung Nomor 365 K/PID/2012. Kata Kunci: Kelalaian Medis, Pasien, Dokter

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 10 Aug 2023 03:03
Last Modified: 10 Aug 2023 03:03
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30399

Actions (login required)

View Item View Item