PENGARUH EFIKASI DIRI SISWA TERHADAP SIKAP BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VII SMP ISLAM TERPADU AL-MA`RUF MRANGGEN DEMAK TAHUN AJARAN 2022/2023

ROSYIDAH, NAFI`ATUR (2023) PENGARUH EFIKASI DIRI SISWA TERHADAP SIKAP BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VII SMP ISLAM TERPADU AL-MA`RUF MRANGGEN DEMAK TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31501900095_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31501900095_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (47kB)

Abstract

Penelitian dilakukan untuk mengukur efikasi diri siswa terhadap sikap belajar pendidikan agama islam kelas VII SMP Islam Terpadu Al-Ma`ruf Mranggen Demak. Dalam penelitian ini untuk mengetahui bagaimana sikap belajar siswa agar dapat meningkatkan efikasi diri (kepercayaan diri) siswa ketika proses pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas VII. Sampel yang diambil berdasarkan rumus Slovin yaitu 30 siswa sebagai responden dari jumlah populasi 103 siswa dengan menggunakan teknik simple random sampling. Data yang dikumpulkan melalui angket penelitian (skala likert). Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Sikap belajar pada mata pelajaran pendidikan agama islam kelas VII yang diperoleh sebesar 81,3% berada pada kriteria sangat tinggi. 2) Efikasi diri siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam kelas VII yang diperoleh sebesar 74% berada pada kriteria tinggi. 3) Pengaruh yang signifikan antara efikasi diri siswa terhadap sikap belajar pendidikan agama islam. Kata Kunci : Pengaruh; Efikasi Diri; Sikap Belajar; Pendidikan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 10 Aug 2023 04:21
Last Modified: 10 Aug 2023 04:21
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30398

Actions (login required)

View Item View Item