PROSES PENYIDIKAN KECELAKAAN LALU LINTAS DI JALAN RAYA SESUAI DENGAN UNDANG-UNDANG NOMOR 22 TAHUN 2009 (STUDI KASUS DI POLRES KABUPATEN.SEMARANG)

Dwi, Titania (2023) PROSES PENYIDIKAN KECELAKAAN LALU LINTAS DI JALAN RAYA SESUAI DENGAN UNDANG-UNDANG NOMOR 22 TAHUN 2009 (STUDI KASUS DI POLRES KABUPATEN.SEMARANG). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (390kB)
[img] Text
30301900337_fullpdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penulisan hukum yang berjudul “Proses Penyidikan Kecelakaan Lalu Lintas di Jalan Raya Sesuai Dengan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 (Studu Kasus di Polres Kabupaten. Semarang). Tujuan dari ditulisnya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran kepolisian dalam proses penyidikan suatu peristiwa kecelakaan lalu lintas mengingat banyaknya kasus kecelakaan lalu lintas yang terjadi di Indonesia serta bagaiman penanganannya apabila korban meninggal ataupun korban mengalami cacat fisik, serta apasaja hambatan yang dihadapi Penyidik dalam proses penyidikan,dan bagaiman upaya kepolisian dalam mengatasi hambatan tersebut. Penelitian ini dilakukan di Polres Kabupaten Semarang dengan jenis penelitian yuridis sosiologis, denggan menggunakan teknik penggumpulan data, yaitu dengan melakukan wawancara dengan petugas penyidik Laka Lantas yang memberikan penjelasan mengenai bagaiman proses penyidikan kecelakaan lalu lintas dilakukan yang terjadi di Kabupaten Semarang. Dari riset yang dilakukan diketahui bahwasanya penyidik di polres Kabupaten.Semarang dalam menangani permasalahan kecelakaan lalu lintas yaitu dengan mendatanggi tempat kejadian perkara terlebih dahuliu, kemudian menolong apabila terdapat korban,mengolah tempat kejadian perkara, kemudian setelah mendapatkan data-data yang dibutuhkan sesegera mungkin petugas mengatur kelancaran arus lalu lintas untuk memberikan kenyamana pengguna jalan lainnya. Upaya yang dilakukan sesuai dengan penerapan hukum yang berlaku dalam hal ini yaitu Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angktan Jalan. Kata kunci : kepolisian, penyidikan, kecelakaan, lalu lintas

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 10 Aug 2023 02:54
Last Modified: 10 Aug 2023 02:54
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30395

Actions (login required)

View Item View Item