ANAM, MUHAMMAD KHOIRUL (2023) UPAYA PENDIDIK BIDANG STUDI PAI MEMBENTUK KARAKTER ISLAMI PESERTA DIDIK DENGAN MENINGKATKAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN DI SMP ISLAM SULTAN AGUNG 1 SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
Text
Pendidikan Agama Islam_31501900083_fullpdf.pdf Download (2MB) |
|
Text
Pendidikan Agama Islam_31501900083_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (310kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh munculnya fenomena yang terjadi saat ini pada lembaga pendidikan yang peneliti jadikan tempat penelitian, yaitu SMP Islam Sultan Agung 1 Semarang, dimana terdapat beberapa permasalahan terkait karakter peserta didik yaitu: krisis karakter pada peserta didik dibuktikan dengan tidak patuhnya siswa pada aturan sekolah, kurangnya kesadaran peserta didik untuk beribadah, minimnya minat baca tulis Al-Qur’an, dan perilaku siswa yang sering menyepelekan guru maupun sesama. Tujuan penelitian ini adalah pertama, untuk mengetahui bagaimana upaya pendidik PAI membentuk karakter Islami peserta didik dengan meningkatkan kompetensi kepribadian di SMP Islam Sultan Agung 1 Semarang. Kedua, untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat upaya pendidik PAI membentuk karakter Islami peserta didik dengan meningkatkan kompetensi kepribadian di SMP Islam Sultan Agung 1 Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Adapun sumber data yang digunakan dalam penelitian adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Upaya Pendidik PAI dalam meningkatkan kompetensi kepribadian diantaranya : dengan mengikuti seminar terkait kompetensi guru, mendengarkan ceramah dari para kyai, membaca buku tokoh-tokoh Islam, dan berusaha meneladani kepribadian Rasulullah Muhammad SAW. Setelah pendidik PAI berupaya meningkatkan kompetensi kepribadian, kemudian berupaya membentuk karakter Islami peserta didik dengan cara menampilkan kepribadiannya dengan baik di lingkungan sekolah yaitu dengan berusaha menjadi teladan bagi peserta didiknya, mengenakan pakaian yang sopan, memberikan pengetahuan tentang pentingnya karakter Islami saat pembelajaran, bergaul dengan para peserta didik dengan santun, mengontrol kegiatan pembiasaan seperti shalat berjamaah, berdoa sebelum dan sesudah pelajaran, menghafal surat pendek dan membaca Al-Qur’an serta membiasakan 5 S (Senyum, salam, sapa, sopan, dan santun). (2) faktor pendukung dalam pembentukan karakter peserta didik antara lain: pendidik, dimana seorang pendidik tidak hanya bertugas sebagai pengajar akan tetapi juga bertanggung jawab akan karakter peserta didik, kegiatan pembiasaan keagamaan yang mendukung, dukungan orang tua peserta didik dalam menitipkan anaknya di sekolah untuk menjadi anak yang sholih-sholihah. Adapun faktor penghambatnya adalah pergaulan peserta didik yang tidak terkontrol, karakter bawaan peserta didik yang sulit dibentuk dan diarahkan, dan faktor lingkungan. Kata Kunci: Kompetensi Kepribadian, Karakter Islami
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam) |
Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA |
Date Deposited: | 09 Aug 2023 03:19 |
Last Modified: | 09 Aug 2023 03:19 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30379 |
Actions (login required)
View Item |