UPAYA GURU MATA PELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN SPIRITUAL DAN EMOSIONAL PESERTA DIDIK DI SDN PODOREJO 03 SEMARANG

ALFANDI, MUHAMAD FIRMAN (2023) UPAYA GURU MATA PELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN SPIRITUAL DAN EMOSIONAL PESERTA DIDIK DI SDN PODOREJO 03 SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31501900076_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31501900076_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru pendidikan agama Islam dan budi pekerti dalam menumbuhkan kecerdasan spiritual dan emosional siswa di SDN Podorejo 03 Semarang. dilatar belakangi membangun kecerdasan harus adanya sinergi antara kecerdasan emosi atau emotional quotient (EQ) dan kecerdasan spiritual atau spiritual quotient (SQ). EQ bermakna hubungan manusia dengan manusia, sedangkan SQ adalah hubungan manusia dengan Tuhan. Jadi harus ada penggabungan antara rasionalitas dunia (EQ dan IQ) dan kepentingan spiritual (SQ) sehingga menjadi komprehensif. Untuk membangun emotional spiritual quotient (ESQ) perlu adanya metode yang berdasarkan ihsan, rukun iman dan rukun Islam. Tujuan penelitian untuk mendiskrpsikan bagaimana upaya guru PAI dan budi pekerti dalam mengembangkan kecerdasan spiritual dan emosional peserta didik di SDN Podorejo 03. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Datanya di peroleh dengan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Semua data dianalisis deskriptif menggunakan reduksi data, display data (peyajian data) dan penarikan kesimpulan Keabsahan data digunakan oleh peneliti untuk memastikan bahwa data tersebut benar baik bagi pembaca maupun subjek penelitian. Peneliti dalam pengecekan data dari berbagai sumber dengan berbagai cara, dan berbagai waktu. Dengan demikian terdapat 3 macam triangulasi data, triangulasi sumber, triangulasi teknik pengumpulan data, dan trianggulasi waktu. Dan informan dalam penelitian ini adalah guru pendidikan Agama Islam dan budi pekerti. Kesimpulan pada penletian ini ialah Kecerdasan spiritual adalah kecerdasan spiritual adalah kemampuan untuk memberi makna spiritual terhadap pemikiran, perilaku, dan kegiatan, serta mampu menyinergikan IQ, EQ, dan SQ secara koperhensif. Sementara upaya guru dalam mengembangkan kecerdasan emosional peserta didik di SDN Podorejo 03 yaitu: melatih peserta didik agar mampu mengelola emosinya dengan baik, mampu memotivasi dirinya, dan mampu berhubungan baik dengan orang lain, mampu memahami karakter peserta didik. Kata kunci: upaya guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, Kecerdasan Spiritual, Kecerdasan Emosional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 09 Aug 2023 02:34
Last Modified: 09 Aug 2023 02:34
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30375

Actions (login required)

View Item View Item