IMPLEMENTASI HIDDEN CURRICULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI UNTUK MEMBENTUK PERILAKU KEAGAMAAN PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 9 YOGYAKARTA

RAHAYU, ISTI (2023) IMPLEMENTASI HIDDEN CURRICULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI UNTUK MEMBENTUK PERILAKU KEAGAMAAN PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 9 YOGYAKARTA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31501900060_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31501900060_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian dilakukan untuk mengetahui implementasi hidden curriculum Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam membentuk perilaku keagamaan peserta didik SMA Negeri 9 Yogyakarta. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualititatif dengan jenis penelitian bersifat deskriptif. Data diperoleh dari sumber data primer yaitu wawancara dan observasi, serta sumber data sekunder berupa dokumetasi. Teknik analisis yang digunakan adalah model Miles and Huberman yaitu melalui data reduction, data display, dan conclusion drawing. Berdasarkan analisis diperoleh hasil bahwa bentuk hidden curriculum yang ada telah mencakup aspek tetap dan tidak tetap, tetapi lebih ditekankan pada pembiasaan ibadah seperti tadarus pagi, shalat duha, shalat zuhur dan asar berjamaah, infak mingguan, serta pembentukan akhlak melalui program kajian rutin, IMTAQ, budaya 5S dan IMMAN. Implementasi hidden curriculum tersebut pada dasarnya telah melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi serta terlaksana dengan baik untuk membentuk perilaku keagamaan meliputi keyakinan, peribadatan, penghayatan, pengetahuan, dan pengalaman agama peserta didik. Adapun faktor pendukung dari implementasi ini adalah adanya sarana prasarana yang memadai, keteladanan warga sekolah, sumber daya manusia yang mendukung, antusiasme peserta didik, dan dukungan orang tua peserta didik. Adapun faktor yang menjadi penghambat yaitu kurangnya kesadaran peserta didik, latar belakang peserta didik yang beragam, keterbatasan waktu dan pengajar mentoring, dan kurangnya literasi. Kata Kunci: Hidden Curriculum; Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti; Perilaku Keagamaan Peserta Didik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 08 Aug 2023 03:38
Last Modified: 08 Aug 2023 03:38
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30363

Actions (login required)

View Item View Item