KEEFEKTIFAN METODE SIMAAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS BACAAN AL-QUR’AN DI PONDOK PESANTREN ASSALAFIAT II BABAKAN CIWARINGIN CIREBON TAHUN 2022/2023

HANDAYANI, FITRI (2023) KEEFEKTIFAN METODE SIMAAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS BACAAN AL-QUR’AN DI PONDOK PESANTREN ASSALAFIAT II BABAKAN CIWARINGIN CIREBON TAHUN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31501900047_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31501900047_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk menggali infomasi lebih lanjut mengenai keefektifan metode simaan dalam meningkatkan kualias bacaan al-qur’an di Pondok Pesantren Assalafiat II Babakan Ciwaringin Cirebon. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui pelaksanaan Metode Simaan dalam meningkatkan kualitas bacaan Al-Qur’an di Pondok Pesantren Assalafiat II Babakan. (2) Mengetahui kualitas bacaan Al-Qur’an di Pondok Pesantren Assalafaiat II Babakan. (3) Mengetahui keefektifan Metode Simaan dalam meningkatkan kualitas bacaan di Al-Qur’an di Pondok Pesantren Assalafiat II Babakan. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif untuk memperoleh data dilapangan. Data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi.dari hasil analisi yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa peningkatan kualitas bacaan Al-Qur’an tidak terlepas adanya absensi dan peraturan yang berlaku. Dan Secara umum dapat dikatakan : pertama, kegiatan simaan ini berlajan dengan lancar dan tidak ada kendala. Kedua, kualitas bacaan santri hasilnya baik akan tetapi hanya ada beberapa yang kurang memahami mengenai bacaan ghorib. Maka dapat disimpulkan bahwa metode simaan efektif meningkatkan kualitas bacaan Al-Qur’an santri di Pondok Pesantren Asslafiat II Babakan Ciwaringin Cirebon. Kata Kunci : Keefektifan,Metode Simaan,Kualitas Bacaan Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 09 Aug 2023 02:46
Last Modified: 09 Aug 2023 02:46
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30355

Actions (login required)

View Item View Item