IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI SMP ISLAM SULTAN AGUNG 4 SEMARANG

SAPUTRA, FALSA WIKO (2023) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI SMP ISLAM SULTAN AGUNG 4 SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31501900041_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31501900041_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB)

Abstract

Penelitian dilaksanakan untuk menggali infomasi lebih lanjut mengenai implementasi kurikulum merdeka belajar pada pembelajaran Akidah Akhlak di SMP Islam Sultan Agung 4 Semarang.Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Bagaimana perencanaan implementasi kurikulum merdeka belajar pada pembelajaran Akidah Akhlak di SMP Islam Sultan Agung 4 Semarang (2) Bagaimana pelaksanaan implementasi kurikulum merdeka belajar pada pembelajaran Akidah Akhlak di SMP Islam Sultan Agung 4 Semarang (3) Bagaimana evaluasi implementasi kurikulum merdeka belajar pada pembelajaran Akidah Akhlak di SMP Islam Sultan Agung 4 Semarang.Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian bersifat deskriptif. Data diperoleh dari sumber data primer yaitu wawancara dan observasi,serta sumber data sekunder berupa dokumentasi.Diperoleh kesimpulan bahwa penerapan kurikulum merdeka belajar masih butuh penyesuaian.Dan secara umum dapat dikatakan : pertama,guru sudah membuat perencanaan implementasi kurikulum merdeka belajar dalam pembelajaran akidah akhlak dengan baik,hal ini dibuktikan dengan guru sudah membuat modul pembelajaran. kedua,kurikulum merdeka belajar telah di implementasikan dalam pembelajaran akidah akhlak dengan baik,dibuktikan dengan guru telah menerapkan prinsip berdefirensiasi yaitu kesiapan belajar anak, profil belajar anak dan minat belajar. ketiga, Guru telah melakukan evaluasi hasil belajar peserta didik dari implementasi kurikulum merdeka belajar dengan hasil prestasi belajar menjadi aktif dan naik walau tidak signifikan sehingga hasil akhir siswa mengalami peningkatan 4% dibanding sebelumnya. Kata Kunci : Implementasi,Merdeka Belajar,Pembelajaran Akidah Akhlak

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 08 Aug 2023 03:35
Last Modified: 08 Aug 2023 03:35
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30351

Actions (login required)

View Item View Item