PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PEREMPUAN SEBAGAI KORBAN TINDAK PIDANA KEKERASAN SEKSUAL (Studi Putusan Pengadilan Jepara Nomor 90/Pid.B/2022/PN Jpa)

Khoirun, Nisa’ (2023) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PEREMPUAN SEBAGAI KORBAN TINDAK PIDANA KEKERASAN SEKSUAL (Studi Putusan Pengadilan Jepara Nomor 90/Pid.B/2022/PN Jpa). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB)
[img] Text
30301900382_fullpdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pokok masalah penelitian ini adalah perlindungan hukum terhadap perempuan sebagai korban tindak pidana kekerasan seksual (Studi putusan pengadilan Jepara Nomor 90/Pid.B/2022/PN Jpa).Pokok masalah tersebut selanjutnya dijabarkan dalam beberapa sub masalah atau pertanyaan penelitian,yaitu : 1) bagaimana perlindungan hukum terhadap perempuan sebagai korban tindak pidana kekerasan seksual (Studi putusan pengadilan Jepara Nomor 90/Pid.B/2022/PN Jpa)?. 2) kendala dan solusi perlindungan hukum terhadap perempuan sebagai korban tindak pidana kekerasan seksual (Studi putusan pengadilan Jepara Nomor 90/Pid.B/2022/PN Jpa)?. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian hukum normatif.Adapun sumber data penelitian ini bersumber dari data sekunder.Penelitian ini tergolong penelitian dengan jenis data kualitatif yaitu dengan metode studi literatur untuk mengumpulkan data,kemudian data tersebut dihubungkan agar berkesinambungan dan menjadi studi dokumen. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa perlindungan hukum terhadap perempuan sebagai korban tindak pidana kekerasan seksual yaitu: Pengadilan dilakukan secara tertutup,Korban diberikan pendampingan,Hakim memutus pidana penjara selama 9 tahun.Kendala dalam melindungi korban dari kekerasan seksual yaitu : Lemahnya Peraturan Perundang-Undangan terhadap korban kekerasan seksual,Ketakutan korban dalam mengadu kepada keluarga karena diancam dan rasa malu.Solusi dari permasalhan dalam melindungi korban dari kekerasan seksual yaitu : Hakim menggabungkan beberapa Undang-Undang dan pasal dalam memutus perkara,Pendamping melakukan pendekatan kepada korban. Kata Kunci : Perlindungan Hukum,Perempuan,Kekerasan Seksual

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 09 Aug 2023 02:35
Last Modified: 09 Aug 2023 02:35
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30343

Actions (login required)

View Item View Item