KETERANGAN SAKSI SEBAGAI SALAH SATU ALAT BUKTI DALAM PROSES PENYELESAIAN PERKARA PIDANA DI PENGADILAN NEGERI KENDAL ( Studi Kasus Putusan No.85/Pid.B/2022/PN Kdl )

Salam, Mustofa Abdul (2023) KETERANGAN SAKSI SEBAGAI SALAH SATU ALAT BUKTI DALAM PROSES PENYELESAIAN PERKARA PIDANA DI PENGADILAN NEGERI KENDAL ( Studi Kasus Putusan No.85/Pid.B/2022/PN Kdl ). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (55kB)
[img] Text
30301900428_fullpdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Sistem peradilan pidana merupakan suatu proses dalam mengungkap suatu tindak pidana. Salah satu alat bukti yang sah dalam proses peradilan pidana adalah keterangan saksi, baik yang mendengar, melihat atau bahkan mengalami sendiri dalam terjadinya suatu tindak pidana yang dilakukan oleh pelaku tindak pidana. Pentingnya keterangan saksi dalam proses peradilan pidana telah dimulai sejak awal proses peradilan pidana. Harus diakui bahwa terungkapnya kasus pelanggaran hukum merupakan sebagian besar berasal dari informasi dan keterangan masyarakat. Begitu pula pada proses selanjutnya yaitu pada tingkat Kejaksaan dan sampai pada Pengadilan. Keterangan saksi merupakan alat bukti utama sebagai acuan hakim dalam memutus bersalah atau tidaknya seorang terdakwa, disini jelas bahwa saksi mempunyai peran yang sangat besar dalam upaya penegakkan hukum dan keadilan. Didalam upaya pembuktian dipersidangan memperlihatkan bahwa keberadaan saksi sangatlah diharapkan dan merupakan faktor penentu dari keberhasilan mengungkap suatu tindak pidana. Maka dengan ini penulis mempunyai tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui fungsi keterangan saksi sebagai salah satu alat bukti dalam proses penyelesaian perkara pidana dan untuk mengetahui kendala-kendala hakim beserta solusinya dalam menilai keterangan saksi sebagai salah satu alat bukti pada proses penyelasaian perkara pidana. Penelitian tentang Keterangan Saksi Sebagai Salah Satu Alat Bukti Studi Kasus No. 85/Pid.B/2022/PN Kdl di Pengadilan Negeri Kendal akan membahas permasalahan tentang penyelesaian perkara di Pengadilan Negeri Kendal. penelitian yang dipergunakan dalarn penelitian ini meliputi jenis penelitian yuridis normatif dengan spesifikasi penulisan mengunakan analis kualitatif. Data yang dipergunakan adalah data primer dan didukung data sekunder dengan Analisa datanya kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) keterangan saksi sebagai salah satu alat bukti dalam studi kasus di Pengadilan Negeri Kendal adalah sebagai alat bukti yang menerangkan kepada Hakim atas suatu tindak pidana yang terjadi. Berdasarkan putusan hakim nomor 85/Pid.B/2022/PN Kdl, menerangkan bahwa Keterangan Saksi benar dan Terdakwa tidak keberatan. bahwa yang dijadikan pedoman hakim dalam menilai keterangan saksi itu dilihat dari persesuaian antara keterangan saksi yang satu dengan saksi yang lain, persesesuaian antara saksi dengan alat bukti yang lain, cara hidup dan kesusilaan saksi, hubungan saksi dengan terdakwa/korban, ketegasan saksi dalam melafalkan sumpah, gaya menjawab saksi dalam menjawab pertanyaan hakim (2) bahwa pada studi kasus No 85/Pid.B/2022/PN Kdl tidak ada Kendala-Kendala hakim dalam menilai keterangan saksi sebagai alat bukti pada proses penyelesaian perkara pidana dikarenakan keterangan saksi yang satu dengan yang lain bersesuaian. Kata Kunci : Keterangan Saksi, Alat Bukti, Perkara Pidana.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 09 Aug 2023 03:25
Last Modified: 09 Aug 2023 03:25
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30327

Actions (login required)

View Item View Item