IMPLEMENTASI PENYELESAIAN SENGKETA TANAH MELALUI MEDIASI TERHADAP PERBUATAN MELAWAN HUKUM DI KABUPATEN PATI (Studi Kasus Putusan No 28/pdt. G/2021/PN Pti)

Ramadhani, Divva Safira (2023) IMPLEMENTASI PENYELESAIAN SENGKETA TANAH MELALUI MEDIASI TERHADAP PERBUATAN MELAWAN HUKUM DI KABUPATEN PATI (Studi Kasus Putusan No 28/pdt. G/2021/PN Pti). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (82kB)
[img] Text
30301900432_fullpdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Perbuatan melawan hukum terjadi disebabkan sesuatu yang mengakibatkan timbulnya kerugian bagi orang lain baik perbuatan melawan hukum karena kesengajaan, perbuatan melawan hukum tanpa kesalahan (tanpa unsur kesengajaan maupun kelalaian), maupun perbuatan melawan hukum karena kelalaian. Suatu perbuatan melawan hukum sengketa tanah dapat diselesaikan oleh para pihak melalui medisi di Kantor Pengadilan Negeri Pati atas kesepakatan kedua belah pihak yang bersengketa dan akan diselesaikan melalui seorang mediator. Tujuan dari penulisan skripsi ini yaitu : Untuk mengetahui implementasi penyelesaian sengketa tanah melalui mediasi terhadap perbuatan melawan hukum di Kabupaten Pati. Untuk mengetahui hambatan – hambatan dan solusi penyelesaian sengketa tanah melalui mediasi terhadap perbuatan melawan hukum di Kabupaten Pati. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian yuridis sosiologis. Dengan spesifikasi penelitian deskribtif analisis, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dengan salah satu Hakim Mediator di Pengadilan Negeri Pati dan studi kepustakaan. Penulis menggunakan sumber bahan hukum sekunder berkaitan dengan judul dan mengambil dari buku – buku tentang hukum termasuk skripsi, tesis, dan jurnal hukum. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : Implementasi penyelesaian sengketa tanah melalui mediasi terhadap perbuatan melawan hukum di Pengadilan Negeri Pati dimulai dari pengaduan, pemanggilan kedua belah pihak, upaya mediasi, setelah adanya kesepakatan diterbitkan Akta Perdamaian dan dituangkan kedalam Berita Acara Mediasi. Penyelesaian mediasi mengedepankan prinsip win-win solution dan hasil akhir atas dasar kesepakatan para pihak. Dalam implementasi mediasi berjalan efektif karena diselesaikan dengan kekeluargaan dan menghasilkan kesepakatan antara kedua pihak,tidak berlanjut di persidangan. Hambatan dalam melakukan mediasi perbuatan melawan hukum sengketa tanah di Pengadilan Negeri Pati yaitu : Hambatan Internal : Pemahaman Para Pihak, Kehadiran Para Pihak, Sifat Mementingkan Diri Sendiri, Kuasa Hukum, dan Hambatan Eksternal : Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Masyarakat. Untuk mengatasi hambatan tersebut maka solusiyang diberikan Pengadilan Negeri Pati yaitu : Hambatan Internal : Mendorong Para Pihak Untuk Memahami Mediasi , Mendorong Para Pihak Menghadiri Mediasi, Mendorong Para Pihak Untuk Berdamai, Mendorong Kuasa Hukum Untuk Mendukung Proses Mediasi. Solusi Eksternal : Memberikan Pemahaman Kepada Para Pihak untuk Meminimalisir Gagalnya Mediasi Akibat Provokasi Keluarga dan Masyarakat Kata Kunci : Implementasi, Mediasi, Perbuatan Melawan Hukum

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 08 Aug 2023 02:50
Last Modified: 08 Aug 2023 02:50
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30325

Actions (login required)

View Item View Item