PERAN LEMBAGA DAKWAH KAMPUS (LDK) DALAM MEMBENTUK MAHASISWA AKTIVIS, RELIGIUS, DAN BERPRESTASI (Studi Kasus di UKM JQH UNISSULA Semarang)

ISTIFADA, DANIA (2023) PERAN LEMBAGA DAKWAH KAMPUS (LDK) DALAM MEMBENTUK MAHASISWA AKTIVIS, RELIGIUS, DAN BERPRESTASI (Studi Kasus di UKM JQH UNISSULA Semarang). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31501900031_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31501900031_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan guna mengetahui bagaimana peran Lembaga Dakwah Kampus (LDK) dalam membentuk mahasiswa aktivis, religius, dan berprestasi. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan penelitian kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (fieldresearch) adalah suatu penelitian yang dilakukan dengan cara terjun langsung ke lokasi penelitian. Jenis penelitian ini berusaha mendiskripsikan bagaimana peran lembaga dakwah kampus (UKM JQH UNISSULA) dalam upaya membentuk mahasiswa aktivis, religius, dan berprestasi. Berkaitan dengan peran suatu organisasi, peran organisasi sebagai fasilitator, mediator, dan motivator bagi mereka yang ingin mencari, memanfaatkan, meengembangkan ilmu pengetahuan dan pengalamannya. Faktor pendukung UKM JQH UNISSULA dalam membentuk mahasiswa aktivis, religius, dan berprestasi yaitu support dan dorongan dari orangtua, sahabat-sahabat Qur’ani yang lain, sehingga mampu bersama-sama menyatukan tekad dalam berproses menjadi lebih baik, dan berprestasi lebih banyak lagi. Faktor penghambat UKM JQH UNISSULA dalam membentuk mahasiswa aktivis, religius, dan berprestasi yaitu kurang mampu mengatur waktu antara berorganisasi dengan mengatur jadwal kuliah. Sehingga menjadi kendala terbesar yang dialami oleh mahasiswa dalam berkegiatan di luar jadwal pembelajaran kuliah. Kata Kunci : Peran, LDK, Aktivis, Religius, dan Berprestasi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 09 Aug 2023 02:15
Last Modified: 09 Aug 2023 02:15
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30321

Actions (login required)

View Item View Item