STRATEGI GURU PAI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA TULIS AL-QUR’AN KELAS 1 SD IT ASSHODIQIYAH SEMARANG TAHUN AJARAN 2022/2023

UDZMA, ATIATHUL (2023) STRATEGI GURU PAI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA TULIS AL-QUR’AN KELAS 1 SD IT ASSHODIQIYAH SEMARANG TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31501900024_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31501900024_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB)

Abstract

Skripsi ini membahas strategi yang diterapkan oleh guru PAI di SD IT Asshodiqiyah dalam rangka meningkatkan kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an di sekolah tersebut. Sebagai sekolah dasar Islam, SD IT Asshodiqiyah menerapkan pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an sehingga dalam pelaksanaannya terdapat strategi-strategi yang diterapkan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk : (1) Mendeskripsikan strategi-strategi yang dilaksanakan di kelas 1 SD IT Asshodiqiyah Semarang, (2) Mendiskripsikan faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam melaksanakan strategi untuk meningkatkan kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an di kelas 1 SD IT Asshodiqiyah Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan dikelompokkan pada penelitian kepustakaan (library research) dan dikombinasikan dengan penelitian lapangan (Field research). Dengan tujuan untuk menggambarkan data-data yang apa adanya di lokasi penelitian. Data yang dihimpun peneliti adalah melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa startegi yang diterapkan oleh guru dalam meningkatkan kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an di kelas 1 SD IT Asshodiqiyah Semarang adalah pertama melakukan pengamatan terhadap peserta didik, kedua melakukan pendekatan untuk memahami kemampuan setiap peserta didik, ketiga pemberian motivasi, dan keempat pengelompokan. Faktor-faktor pendukungnya adalah : pertama adanya inovasi media pembelajaran dalam menjelaskan, kedua adanya dukungan dan dorongan dari orangtua. Faktor-fakor penghambatnya adalah pertama minat peserta didik yang kurang dalam belajar, kedua kedisiplinan peserta didik yang minim, ketiga sering bergantinya guru PAI, keempat kurangnya waktu pelajaran kelima kurangnya jumlah pembimbing. Kata Kunci : Pendidikan Agama Islam, Strategi Pembelajaran, Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 09 Aug 2023 02:10
Last Modified: 09 Aug 2023 02:10
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30316

Actions (login required)

View Item View Item