WIRAKUSUMA, ARDHI NOOR (2023) KETERLIBATAN IBU PEKERJA DALAM MENDAMPINGI BELAJAR ANAK PADA PEMBELAJARAN PAI DI SD ISLAM PANGERAN DIPONEGORO SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
Text
Pendidikan Agama Islam_31501900021_fullpdf.pdf Download (5MB) |
|
Text
Pendidikan Agama Islam_31501900021_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (45kB) |
Abstract
Ibu merupakan Madrasah pertama bagi anak-anaknya. Maksud dari Madrasah ini adalah sosok ibu menjadi pendidik yang pertama bagi anaknya. Semanjak dalam kandungan sampai anak mereka lahir ibu akan selalu membina, membimbing, mengarahkan dan mendidik anaknya dengan sepenuh hatinya. Namun dalam dekade ini, ibu juga ikut membantu dalam memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga. Padahal sosok ibu itu sangat penting dalam mendidik anaknya. Terutama pembelajaran terkait dengan Agama Islam. Materi pelajaran PAI ini sangat penting untuk menjadi lentera kehidupannya dalam beribadah. Maka sungguh disayangkan apabila ibu tidak dapat mendampingi anaknya belajar PAI. Penelitian ini akan membahas bagaimana ibu pekerja dalam mendidik anaknya belajar PAI. Dengan menggunakan metode kualitatif yang akan mendeskripsikan cara ibu pekerja mendampingi anaknya belajar. Adapun penelitian ini mewawancarai lima informan ibu pekerja dan seorang guru PAI supaya mendapatkan hasil yang mendalam. Kemudian di validasi dengan mewawancarai anaknya. Hasilnya adalah anak yang didampingi ibunya belajar akan lebih dapat memahami pelajaran, mendapatkan nilai bagus, maksimal dalam mengerjakan PR, mudah diatur, dan mempunyai kedekatan dengan ibunya. Kata Kunci : Ibu Pekerja, Mendampingi Anak Belajar, Pendidikan Agama Islam
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam) |
Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA |
Date Deposited: | 09 Aug 2023 02:08 |
Last Modified: | 09 Aug 2023 02:08 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30314 |
Actions (login required)
View Item |