EFEKTIVITAS PEMBIASAAN MENGHAFAL JUZ AMMA UNTUK MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK KELAS VII SMP HASANUDDIN 10 SEMARANG

LESTARI, AMIF FEBRI (2023) EFEKTIVITAS PEMBIASAAN MENGHAFAL JUZ AMMA UNTUK MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK KELAS VII SMP HASANUDDIN 10 SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31501900017_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31501900017_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk menggali infomasi lebih lanjut mengenai efektivitas pembiasaan menghafal juz amma untuk membentuk karakter religius peserta didik kelas vii SMP Hasanuddin 10. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Bagaimana Pembentukan karakter religius peserta didik SMP Hasanuddin 10 semarang. (2) Mengetahui bagaimana proses pembiasaan menghafal juz amma di SMP Hasanuddin 10 Semarang. (3) Mengetahui efektivitas program menghafal juz amma untuk membentuk karakter religius peserta didik SMP Hasanuddin 10 Semarang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif untuk memperoleh data dilapangan. Data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dari hasil analisis yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa peningkatan karakter religius tidak terlepas dari pembiasaan karena : Pertama kegiatan pembiasaan menghafal juz amma ini memberikan kebiasan dan menanamakan hal-hal baik bagi peserta didik. pelaksanaan pembiasaan berjalan dengan lancar dan tidak ada kendala. Kedua, hasil hafalan peserta didik hasilnya baik akan tetapi ada ada beberapa peserta didik yang bacannya belum sempurna. Ketiga, ada beberapa peserta didik yang karakter religiusnya belum baik, namun dengan adanya pembiasaan tersebut membantu peserta didik melakukan hal-hal yang baik. Maka dapat disimpulkan bahwa metode pembiasaan efektif meningkatkan kualitas karakter religius peserta didik SMP Hasanuddin 10 Semarang. Kata Kunci: Efektivitas, Metode Pembiasaan, Karakter religius.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 08 Aug 2023 02:48
Last Modified: 08 Aug 2023 02:48
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30312

Actions (login required)

View Item View Item