STRATEGI GURU PAI DALAM PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN PESERTA DIDIK DI MI HASANUDDIN SEMARANG

SHOLIHAH, ALFIYATUS (2023) STRATEGI GURU PAI DALAM PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN PESERTA DIDIK DI MI HASANUDDIN SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31501900013_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31501900013_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang digunakan guru PAI dalam pembelajaran baca tulis al-qur’an. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Penelitian ini berlokasi di MI Hasanuddin Semarang. Informan penelitian ini adalah kepala sekolah, guru PAI serta peserta didik. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, display data, dan verifikasi data. Untuk menguji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi tehnik, dan triangulasi waktu. Berdasarkan analisis data disimpulkan bahwa strategi guru PAI dalam pembelajaran baca tulis al-qur’an yaitu guru PAI menyiapkan strategi dan memilihi metode agar tujuan pembelajaran berjalan dengan baik. Strategi yang digunakan yakni menggunakan strategi klasikal individu dengan pemilihan metode iqro. Dengan menggunakan strategi ini, guru mampu melihat kesalahan peserta didik dikarenakan harus maju secara bergantian satu persatu. Tajwid yang dibaca sudah bagus, bacaan panjang pendeknya sesuai dengan kaidah makharijul huruf. Kata Kunci : Strategi Guru PAI, Pembelajaran Baca Tulis Al-qur’an, Peserta Didik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 09 Aug 2023 02:05
Last Modified: 09 Aug 2023 02:05
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30309

Actions (login required)

View Item View Item