STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SD NEGERI GENUKSARI 01 SEMARANG TAHUN AJARAN 2022/2023

ROYANI, AINUN (2023) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SD NEGERI GENUKSARI 01 SEMARANG TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31501900009_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31501900009_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan minat dan motivasi belajar peserta didik SD Negeri Genuksari 01 Semarang (2) Untuk mengetahui minat belajar peserta didik di SD Negeri Genuksari Semarang (3) Untuk mengetahui motivasi belajar peserta didik di SD Negeri Genuksari 01 Semarang. Jenis penelitian ini penelitian kualitatif dan penelitian ini merupakan penelitian lapangan. Metode yang digunakan dalam pengambilan data yaitu metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data pada penelitian ini merupakan guru-guru SD Negeri Genuksari 01 Semarang. Analisi data yang digunakan yaitu dengan cara mereduksi data yang disajikan dalam bentuk deskriptif dan diverifikasi dengan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis diperoleh hasil bahwa bentuk strategi guru yang ada sudah baik, seperti Pada pelaksanaan pembelajaran pendidik menjelaskan materi pembelajaran dengan menggunakan metode yang dianggap paling efektif, yaitu metode yang sesuai dengan materi pelajaran yang akan disajikan sehingga proses pembelajaran dapat berjalan sesuai dengan tujuan, dalam proses pembelajaran pendidik juga tidak hanya menerapkan satu metode mengajar akan tetapi dengan beberapa metode atau dengan memvariasikan metode mengajar, sehingga peserta didik tertarik untuk megikuti pembelajaran dan proses pembelajaran juga berlangsung dengan tidak monoton. Startegi guru tersebut pada dasarnya memiliki dasar mengajar agar terlaksananya pembelajaran yang berhasil yaitu demgan kemampuan melaksanakn metode pembelajaran, memilih teknik belajar, memilih sistem pelajaran dan memilih pendekatan pelajaran yan tepat. Adapun faktor penghambat startegi guru adalah pengaruh gadet dan kurang nya perhatian orangtua. Adapun faktor pendukung yaitu motivasi dan bakat peserta didik itu sendiri. Kata Kunci : Strategi Guru, Motivasi Belajar, Minat Belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 08 Aug 2023 04:04
Last Modified: 08 Aug 2023 04:04
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30306

Actions (login required)

View Item View Item