STRATEGI GURU DALAM PEMBELAJARAN TAHFIDZUL QUR’AN SISWA SMP HASANUDDIN 10

ZAINUSSHOLIKHIN, AHMAD (2023) STRATEGI GURU DALAM PEMBELAJARAN TAHFIDZUL QUR’AN SISWA SMP HASANUDDIN 10. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31501900007_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31501900007_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB)

Abstract

Banyaknya fenomena pembentukan progam tahfidz di lembaga pendidikan formal sebagai upaya peningkatan mutu dari suatu lembaga pendidikan menjadi latar belakang dilakukannya penelitian ini. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana strategi guru dalam Menyusun target hafalan dalam pembelajaran Tahfidzul Qur’an siswa SMP hasanuddin 10 (2) Bagaimana strategi guru dalam melaksanakan Langkah-langkah untuk menerapkan metode Tahfidzul Qur’an kepada siswa SMP Hasanuddin 10 (3) Bagaimana strategi guru dalam menilai hasil pembelajaran Tahfidzul Qur’an pada siswa SMP Hasanuddin 10. Penilitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru dalam menyusun target hafalan siswa serta hasil dari pembelajaran tahfidzul Qur’an di SMP Hasanuddin 10. Dengan metode penelitiannya adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan dan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi guru dalam melaksanakan pembelajaran tahfidzul Qur’an adalah menggunakan beberapa metode, yaitu metode Talaqqi , Kedua, metode Taqrir atau mengulang-ulang kembali ayat-ayat yang telah diajarkan guru (Klasikal), Ketiga, metode sorogan (Individual), Keempat, metode setoran pribadi (Mandiri). Dengan menetapkan metode tersebut diketahui bahwa hasil pembelajaran tahfidzul Qur’an di SMP Hasanuddin 10 menunjukkan hasil yang baik, dibuktikan dengan berhasilnya sebagian besar siswa dalam mencapai target hafalan yang telah ditetapkan oleh pihak madrasah. Kata kunci : Strategi, pembelajaran tahfidzul Qur’an

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 08 Aug 2023 03:01
Last Modified: 08 Aug 2023 03:01
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30305

Actions (login required)

View Item View Item