STRATEGI PEMBELAJARAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM MEMBINA KEGIATAN KEAGAMAAN PESERTA DIDIK DI MTs NU 29 PATEAN TAHUN AJARAN 2022/2023

NISAK, AF IDATUN (2023) STRATEGI PEMBELAJARAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM MEMBINA KEGIATAN KEAGAMAAN PESERTA DIDIK DI MTs NU 29 PATEAN TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31501900003_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31501900003_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan tentang strategi pembelajaran guru Pendidikan Agama Islam dalam membina kegiatan keagamaan peserta didik di MTs NU 29 Patean. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripiskan strategi pembelajaran peserta didik dalam membina kegiatan keagamaan peserta didik di MTs NU 29 Patean, mengetahui kegiatan keagamaan apa saja yang ada di MTs NU 29 Patean, lalu mengetahui apa saja kendala dan solusi yang dihadapi oleh guru Pendidikan Agama Islam dalam membina kegiatan keagamaan peserta didik di MTs NU 29 Patean. Jenis penelitian yang digunakan peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode penelitian lapangan Field Reseach dan metode pengumpulan data menggunakan obeservasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan berupa data primer, sekunder dan disertai dengan subjek dan objek penelitian. Data primer yang berisikan tentang informasi yang berasal dari informan yaitu guru Pendidikan Agama Islam, sedangkan data sekunder berisikan informasi yang berasal dari sekolah yang berkaitan tentang kegiatan keagamaan yang ada di sekolah tersebut. Hasil dari penelitian ini ditemukan beberapa strategi pembelajaran dalam membina kegiatan keagamaan peserta didik di MTs NU 29 Patean. Diantaranya strategi pembelajaran langsung, strategi pembelajaran tidak langsung, strategi pembelajaran interaktif, dan strategi pembelajaran mandiri, untuk kegiatan keagamaan ada kegiatan wajib dan kegiatan ekstra kurikuler. Kendala yang dihadapi oleh guru Pendidikan Agama Islam diantaranya, faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal kendala yang disebabkan oleh sekolah tersebut dan faktor eksternal kendala yang disebabkan oleh peserta didik. Kata kunci : Strategi Pembelajaran, Guru, Kegiatan Keagamaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 08 Aug 2023 04:02
Last Modified: 08 Aug 2023 04:02
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30303

Actions (login required)

View Item View Item