PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM PENCEGAHAN BULLYING KELAS XI DI MAN 2 SEMARANG TAHUN AJARAN 2022/2023

MUHAIMIN, ABID (2023) PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM PENCEGAHAN BULLYING KELAS XI DI MAN 2 SEMARANG TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31501900002_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31501900002_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan bagaimana peran guru akidah akhlak dalam pencegahan bullying kelas XI di MAN 2 Semarang dan faktor pendukung serta penghambat guru akidah akhlak dalam pencegahan bullying kelas XI di MAN 2 Semarang. Penelitian ini menggunakan model penelitian deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah guru akidah akhlak, bimbingan konseling dan dua siswa. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan didapatkan hasil bahwa 1.) Peran guru akidah akhlak dalam pencegahan bullying kelas XI di MAN 2 Semarang adalah: peran sebagai informator, motivator, fasilitator, mediator, dan evaluator. 2.) Faktor pendukung peran guru akidah akhlak dalam pencegahan bullying kelas XI di MAN 2 Semarang yaitu adanya fasilitator berupa guru akidah akhlak maupun guru BK dalam mengedukasi bullying di lingkungan sekolah, menjadi tempat bercerita ketika siswa mengalami masalah atau tindakan bullying yang berkaitan antar siswa di sekolah. Kata Kunci : peran guru akidah akhlak; pencegahan bullying

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 08 Aug 2023 02:53
Last Modified: 08 Aug 2023 02:53
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30302

Actions (login required)

View Item View Item