ANALISIS PERSPEKTIF MASYARAKAT DAN FAKTOR-FAKTOR YANG BERKAITAN DENGAN PENGOBATAN SENDIRI (SWAMEDIKASI) SEBELUM DAN SELAMA WABAH COVID-19 DI JAWA TENGAH

Nur, Naila Zulfa (2022) ANALISIS PERSPEKTIF MASYARAKAT DAN FAKTOR-FAKTOR YANG BERKAITAN DENGAN PENGOBATAN SENDIRI (SWAMEDIKASI) SEBELUM DAN SELAMA WABAH COVID-19 DI JAWA TENGAH. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB)
[img] Text
33101700036 _fullpdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Swamedikasi selama pandemi Covid-19 mengalami peningkatan dibandingkan sebelum masa pandemi, sedangkan swamedikasi yang terjadi di Indonesia masih sangat tinggi pada masa sebelum pandemi Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perspektif masyarakat dan faktor-faktor yang terkait dengan swamedikasi sebelum dan selama pandemi Covid-19 di Jawa Tengah. Penelitian ini menggunakan rancangan observasional dengan desain cross sectional, menggunakan populasi masyarakat di Jawa Tengah dengan jumlah sampel 385 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan snowball sampling melalui kuesioner online google form. Data dianalisis secara statistik deskriptif dan inferensial. Analisis data diuji menggunakan McNemar untuk melihat perbedaan perspektif masyarakat dan faktor-faktor yang berkaitan dengan pengobatan sendiri (swamedikasi) sebelum dan selama wabah Covid-19 di Jawa Tengah. Berdasarkan hasil analisis didapatkan angka perspektif masyarakat tentang swamedikasi Covid-19 di Jawa Tengah terjadi peningkatan dari sebelum pandemi (68,1%) menjadi (86,2%) selama pandemi. Swamedikasi banyak dilakukan oleh perempuan (65,5%), berusia 18-30 tahun (31,4%) dan Tempat pembelian obat di Apotek (92,2%) Kesimpulan angka perspektif masyarakat swamedikasi di Jawa Tengah terhadap swamedikasi sebelum dan selama wabah Covid-19 terdapat perbedaan signifikan dengan nilai p (0,000) < 0,05, dan terdapat hubungan jenis kelamin, pekerjaan, saran orang lain dalam mengambil keputusan untuk melakukan swamedikasi sebelum dan selama wabah Covid-19. Kata kunci: Swamedikasi, Perspektif, Masyarakat, Jawa Tengah, Covid-19.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Farmasi
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 03 Aug 2023 02:06
Last Modified: 03 Aug 2023 02:06
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30286

Actions (login required)

View Item View Item