PERSEPSI PASIEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PADA SISTEM KAPITASI (Studi pada Puskesmas Pati I dan Puskesmas Pati II di Kabupaten Pati)

Indriyati, Ajeng Mukti (2023) PERSEPSI PASIEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PADA SISTEM KAPITASI (Studi pada Puskesmas Pati I dan Puskesmas Pati II di Kabupaten Pati). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB)
[img] Text
33101800005_fullpdf.pdf

Download (3MB)

Abstract

Latar Belakang : pada era JKN menggunakan metode pembayaran kapitasi. Metode kapitasi mempunyai banyak tantangan yang harus dihadapi dimana masyarakat masih ragu terhadap kualitas pelayanan yang didapatkan bila berobat menggunakan JKN. Tujuan : Untuk mengetahui persepsi pasien terhadap kualitas pelayanan pada sistem kapitasi pada Puskesmas Pati I dan Puskesmas Pati II di Kabupaten Pati. Metode : Penelitian ini dilakukan di puskesmas dengan responden sebayak 200. Dengan metode deskriptif observasional dengan pendekatan secara cross sectional. Menggunakan skala likert 1-5. Menggunakan 4 indikator yaitu kualitas obat, jumlah obat, ketersediaan obat dan pembayaran obat. Hasil : Hasil penelitian ini menunjukkan karakteristik responden mayoritas adalah perempuan (86,5%) dengan usia 18-32 tahun (45%), pendidikan SMA/Sederajat (53,5%), pekerjaan lain lain (45%), penghasilan 1-2 juta (42,5%), dengan status kepesertaan PBI (55%). Persepsi pasien BPJS terhadap kualitas pelayanan untuk indikator kualitas obat pada kategori tinggi sebesar (87,5%), indikator jumlah obat pada kategori sedang sebesar (74%), indikator ketersediaan obat pada kategori tinggi sebesar (82%), indikator pembayaran obat pada kategori tinggi (51,5%). Kesimpulan : Pada penelitian ini persepsi pasien terhadap kualitas pelayanan nilainya adalah baik pada indikator kualitas obat, ketersediaan obat, pembayaran obat. Sedangkan, pada indikator jumlah obat nilainya adalah sedang. Saran : Pada indikator jumlah obat diharapkan perlu diadakan wawancara kepada apoteker untuk mengetahui kesesuaian jumlah obat yang diterima pasien dengan jumlah obat yang diresepkan. Kata kunci : kualitas pelayanan pada sistem kapitasi, persepsi, pasien.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Farmasi
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 03 Aug 2023 02:00
Last Modified: 03 Aug 2023 02:00
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30284

Actions (login required)

View Item View Item