ANALISIS PERBEDAAN KEJADIAN IKUTAN PASCA IMUNISASI (KIPI) VAKSIN MODERNA DOSIS PERTAMA DAN KEDUA PADA MASYARAKAT PROVINSI JAWA TENGAH

Bhalasakti, Aldisa Kartika (2022) ANALISIS PERBEDAAN KEJADIAN IKUTAN PASCA IMUNISASI (KIPI) VAKSIN MODERNA DOSIS PERTAMA DAN KEDUA PADA MASYARAKAT PROVINSI JAWA TENGAH. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB)
[img] Text
33101800006_fullpdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penyakit COVID-19 merupakan penyakit baru pada manusia yang disebabkan karena virus severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2). Pemerintah terus melakukan berbagai upaya untuk mencegah penyebaran virus COVID-19 salah satunya melalui program vaksinasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI) vaksin moderna dosis pertama dan kedua pada masyarakat Provinsi Jawa Tengah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan studi desain cross-sectional, pengambilan data dilakukan dengan cara menggunakan kuesioner dengan responden masyarakat Provinsi Jawa Tengah yang telah menerima vaksin moderna dosis pertama dan kedua. Analisis perbedaan KIPI vaksin moderna dosis pertama dan kedua dengan metode dependent sample t-test. Hasil penelitian didapatkan laporan KIPI pada dosis pertama (86,5%) dan dosis kedua (69,5%) dengan gejala yang paling banyak terjadi pada dosis pertama yaitu nyeri otot (47,0%) dan dosis kedua yaitu sakit disertai kelemahan pada lengan yang disuntik (30,5%). Analisis dependent sample t-test antara KIPI dosis pertama dan KIPI dosis kedua pada vaksin COVID-19 moderna didapatkan nilai p = 0,000 (p < 0,05) yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara KIPI dosis pertama dan KIPI dosis kedua vaksin COVID-19 moderna pada masyarakat Provinsi Jawa Tengah. Kata kunci : COVID-19, vaksin moderna, kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Farmasi
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 03 Aug 2023 01:57
Last Modified: 03 Aug 2023 01:57
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30283

Actions (login required)

View Item View Item