UJI AKTIVITAS ANTIBAKTERI SERUM EKSTRAK ETANOL DAUN ASAM JAWA (Tamarindus indica L.) TERHADAP Staphylococcus aureus ATCC 6538

Mustafa, Ela Sintya (2022) UJI AKTIVITAS ANTIBAKTERI SERUM EKSTRAK ETANOL DAUN ASAM JAWA (Tamarindus indica L.) TERHADAP Staphylococcus aureus ATCC 6538. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (46kB)
[img] Text
33101800026_fullpdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Jerawat dapat mengganggu penampilan dan memberikan efek psikolog yang buruk pada beberapa remaja sampai wanita dewasa. Jerawat dapat dipicu oleh bakteri Staphylococcus aureus. Bakteri ini dapat di denaturasi oleh senyawa fenol, saponin, dan tanin yang terkandung dalam daun asam jawa. Sediaan yang tepat untuk mengatasi jerawat yaitu dapat digunakan sediaan serum karena memiliki viskositas yang rendah dan zat aktif yang tinggi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui aktivitas antibakteri dari serum ekstrak etanol daun asam jawa terhadap bakteri Staphylococcus aureus. Penelitian ini bersifat eksperimental dengan post test only control group design. Daun asam jawa dimaserasi menggunakan pelarut etanol 96%. Penelitian ini menggunakan 6 kelompok yaitu serum konsentrasi 20% (K1), serum konsentrasi 25% (K2), serum konsentrasi 30% (K3), ekstrak murni (K4), kontrol positif (K5) dan kontrol negatif (K6). Pengujian aktivitas antibakteri menggunakan difusi sumuran. Analisis hasil menggunakan Kruskal Wallis dilanjutkan dengan Mann Whitney dengan taraf kepercayaan 95%. Hasil penelitian menujukkan bahwa terdapat perbedaan yang bermakna antara kontrol positif dengan K1, K2, K3, serta kontrol negatif dengan K1, K2, K3, K4, dan untuk kontrol positif dengan K4 tidak terdapat adanya perbedaan bermakna pada pengujian aktivitas antibakteri Staphylococcus aureus ATCC 6538. Hasil diameter zona hambat didapatkan rerata diameter zona hambat konsentrasi serum 20% (5,71 mm), konsentrasi serum 25% (8,62 mm), konsentrasi serum 30% (10,82 mm). Kesimpulan penelitian ini adalah serum ekstrak etanol daun asam jawa telah terbukti memiliki aktivitas antibakteri terhadap bakteri Staphylococcus aureus ATCC 6538. Katakunci: Daun Asam Jawa (Tamarindus indica L.), Jerawat, Antibakteri, Flavonoid, Tanin, Saponin, Staphylococcus aureus, Serum.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Farmasi
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 02 Aug 2023 06:35
Last Modified: 02 Aug 2023 06:35
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30274

Actions (login required)

View Item View Item