PERBANDINGAN SIFAT FISIK DAN PROFIL DISOLUSI TABLET DEKSAMETASON 0,5 mg SEDIAAN GENERIK DAN MEREK DAGANG (Studi Stabilitas Obat antara Penyimpanan di Dataran Rendah Kota Semarang dan Dataran Tinggi Dieng)

Nurkhasanah, Elisa (2023) PERBANDINGAN SIFAT FISIK DAN PROFIL DISOLUSI TABLET DEKSAMETASON 0,5 mg SEDIAAN GENERIK DAN MEREK DAGANG (Studi Stabilitas Obat antara Penyimpanan di Dataran Rendah Kota Semarang dan Dataran Tinggi Dieng). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB)
[img] Text
33101800027_fullpdf.pdf

Download (3MB)

Abstract

Saat ini konsumen lebih tertarik menggunakan obat merek dagang dibandingkan produk generik karena asumsi harga berbanding lurus dengan kualitas obat yang dihasilkan. Persentase penggunaan obat deksametason pada salah satu Rumah Sakit di Indonesia sebanyak 52% pada bulan Juli sampai September 2018. Deksametason termasuk dalam Biopharmaceutical Classification System (BCS) kelas II mempunyai permeabilitas yang baik tetapi kelarutannya buruk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan sifat fisik dan profil disolusi tablet deksametason sediaan generik dan merek dagang antara penyimpanan di Kota Semarang dan Dieng. Penelitian ini bersifat analitik observasional menggunakan rancangan penelitian cross sectional menggunakan 3 produk merk dagang dan 1 produk generik yang masing-masing diambil di Semarang dan Dieng. Setiap produk obat diuji sifat fisik (keseragaman kandungan, kekerasan, kerapuhan dan waktu hancur) serta profil disolusi. Data yang diperoleh dibandingkan dengan Farmakope Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan sifat fisik tablet deksametason generik dan merek dagang pada penyimpanan Kota Semarang dan Dieng memiliki perbedaan pada kekerasan (merek dagang A, B dan C) dan waktu hancur (merek dagang B). Parameter Q45 menunjukan semua produk memenuhi persyaratan uji disolusi. Parameter F2 menunjukan terdapat 2 produk yang tidak memenuhi persyaratan (merek dagang B dan C) penyimpanan Semarang. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat perbedaan antara sediaan generik dan merek dagang (kekerasan tablet dan waktu hancur) dan terdapat perbedaan antara penyimpanan Semarang dan Dieng (waktu hancur). Pada profil disolusi tidak memiliki kemiripan pada penyimpanan di Semarang. Kata Kunci: Tablet Deksametason, Mutu Fisik, Disolusi, Generik, Merek Dagang, Studi Penyimpanan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Farmasi
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 02 Aug 2023 06:28
Last Modified: 02 Aug 2023 06:28
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30273

Actions (login required)

View Item View Item