TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN LIMA BESAR PENYAKIT TERTINGGI PADA PELAYANAN KEFARMASIAN DI INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT ISLAM SITI HAJAR MATARAM

Faridli, Muhammad Khairul (2023) TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN LIMA BESAR PENYAKIT TERTINGGI PADA PELAYANAN KEFARMASIAN DI INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT ISLAM SITI HAJAR MATARAM. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB)
[img] Text
33101800052_fullpdf.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kepuasan pasien merupakan penilaian konsumen terhadap pelayanan yang diberikannya. Pasien akan puas jika pelayanan yang diberikan kepadanya sesuai dengan harapannya, dan pasien akan tidak puas jika pelayanan yang diberikannya tidak sesuai dengan harapannya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien rawat jalan lima besar penyakit tertinggi pada pelayanan kefarmasian di instalasi farmasi Rumah Sakit Islam Siti Hajar Mataram dan mengetahui karakteristik subjek responden berdasarkan jenis kelamin, usia, dan pekerjaan. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan desain penelitian cross-sectional, teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling sehingga didapatkan sampel sebanyak 110 responden. Alat ukur dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Pada penelitian ini didapatkan hasil distribusi responden berdasarkan jenis kelamin terbanyak yaitu perempuan yang berjumlah 69 responden (62,7%), berdasarkan usia terbanyak yaitu 56-65 tahun berjumlah 44 responden (40%), berdasarkan pekerjaan terbanyak yaitu Ibu Rumah Tangga (IRT) berjumlah 49 responden (44,5%). Tingkat kepuasan pasien pada setiap dimensi pelayanan meliputi kehandalan (86%), ketanggapan (81%), jaminan (88%), empati (93%), bukti langsung (88%), dengan rata-rata kelima dimensi (87%). Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan tingkat kepuasan pasien rawat jalan lima besar penyakit tertinggi pada pelayanan kefarmasian adalah sangat puas. Kata Kunci : Kepuasan Pasien, Pelayanan Kefarmasi, Instalasi Farmasi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Farmasi
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 02 Aug 2023 06:12
Last Modified: 02 Aug 2023 06:12
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30269

Actions (login required)

View Item View Item