PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PAI DI SMA WAHID HASYIM TERSONO BATANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023

HUSNA, ALFIAN ABI (2022) PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PAI DI SMA WAHID HASYIM TERSONO BATANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31501700026_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31501700026_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peran-peran kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi profesional guru PAI di SMA Wahid hasyim Tersono. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan sumber data primer diperoleh dari kepala sekolah dan guru PAI, dalam penelitian ini data dikumpulkan melalui beberapa teknik, yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi, uji kebasahan data menggunakan trianggulai sumber, teknik, dan waktu. Teknik analisis data menggunakan model analisis data menurut Miles and Hubermen, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa kompetensi profesional guru PAI dipengaruhi oleh peran-peran kepala sekolah. Peran kepala sekolah sebagai leader dalam meningkatkan kompetensi profesional guru yaitu dengan mengadakan rapat bulanan atau mingguan untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi sekolah dan mengadakan kegiatan IHT, Peran kepala sekolah sebagai motivator dengan memberikan motivasi rutin pada kegiatan rutin serta dalam perbincangan sehari-hari dan mencontohkan untuk saling memotivasi satu dengan lainnya, Peran kepala sekolah sebagai role of model telah memberikan contoh dalam kinerja dan perilaku sehari-hari beliau, dan kepala sekolah sudah berhasil mencontohkan kepada guru-guru kegiatan yang sangat positif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 03 Aug 2023 01:37
Last Modified: 03 Aug 2023 01:37
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30250

Actions (login required)

View Item View Item