PERAN POLISI LALU LINTAS DALAM MENANGANI DAN MENANGGULANGI PELANGGARAN LALU LINTAS (Studi Kasus: Satlantas Polres Kendal)

Kurniawan, Donny (2023) PERAN POLISI LALU LINTAS DALAM MENANGANI DAN MENANGGULANGI PELANGGARAN LALU LINTAS (Studi Kasus: Satlantas Polres Kendal). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB)
[img] Text
30302000586_fullpdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pelanggaran lalu lintas merupakan fenomena sosial dan masalah hukum yang menuntut pengelolaan yang efektif dan efisien agar terjadi tertib berlalu lintas dan kesadaran hukum. Pembinanan dan penegakan disiplin berlalu lintas di jalan, memerlukan suatu aturan hukum yang tegas, serta mampu mencangkup seluruh penegakan pelanggaran yang terjadi, agar pelanggaran tersebut dapat ditindak secara tegas serta dapat diupayakan pencegahan sebelum terjadinya pelanggaran tersebut. Penegak hukum tersebut menyerasikan antara nilai, kaidah dan perilaku. Sehingga untuk menegakkan dan mencapai kepastian hukum, maka peranan dari aparatur pemerintah terutama instansi yang menangani langsung tentang masalah hukum, khususnya pelanggaran lalu lintas, perlu ditingkatkan pola kerjanya secara terus menerus, dan mencapai hasil guna dengan tingkat yang maksimal. Disinilah dibutuhkan peranan Kepolisian Satuan Lalu Lintas dalam menjalankan amanat dari Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian hukum ini adalah yuridis empiris. Penelitian yuridis empiris adalah penelitian hukum yang bertitik tolak dari data primer yang diperoleh langsung dari masyarakat sebagai sumber pertama dengan melalui penelitan lapangan. Penelitian yuridis empiris merupakan penelitian yang membahas bagaimana hukum beroperasi dalam masyarakat. Peran Polisi Lalu Lintas dalam mencegah dan menanggulangi pelanggaran lalu lintas di Kabupaten Kendal yaitu melakukan peranan di bidang pre-emtif yang merupakan upaya awal untuk mencegah terjadinya pelanggaran lalu lintas dengan menanamkan nilai-nilai yang baik dalam diri masyarakat, selanjutnya peranan dibidang preventif seperti penyuluhan tentang pentingnya mematuhi rambu-rambu lalu lintas, serta peranan di bidang represif yang merupakan peranan dalam hal setelah terjadinya pelanggaran seperti melakukan penindakan dengan pemberian teguran dan melakukan tilang ETLE jika ada masyarakat terbukti melakukan pelanggaran lalu lintas. Faktor penyebab terjadinya pelanggaran lalu lintas karena faktor manusia yang meliputi perilaku dan pengetahuan tentang berkendara, selanjutnya karena faktor kendaraan seperti ban pecah dan tidak adanya kelengkapan kendaraan lainnya, factor kondisi jalan seperti jalan rusak, kurangnya rambu lalu lintas. Kata Kunci: Polisi Lalu Lintas, Pelanggaran Lalu Lintas, Hukum

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 03 Aug 2023 01:36
Last Modified: 03 Aug 2023 01:36
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30249

Actions (login required)

View Item View Item