PELAKSANAN PENYIDIKAN TERHADAP PELAKU PENYALAHGUNAAN OBAT-OBATAN KERAS DAFTAR G (Studi Kasus Kepolisian Resor Kota Besar Semarang)

Prasetyo, Agung (2023) PELAKSANAN PENYIDIKAN TERHADAP PELAKU PENYALAHGUNAAN OBAT-OBATAN KERAS DAFTAR G (Studi Kasus Kepolisian Resor Kota Besar Semarang). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (62kB)
[img] Text
30302100488_fullpdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang “Pelaksanan Penyidikan Terhadap Pelaku Penyalahgunaan Obat-Obatan Keras Daftar G’’. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Bagaimana proses penyidikan terhadap pelaku penyalahgunaan obat-obatan keras daftar G di Polrestabes Semarang dan Kendala dalam proses peyidikan terhadap pelaku penyalahgunaan obat-obatan keras daftar G di Polrestabes Semarang, serta Solusi penerapan proses penyidikan terhadap pelaku penyalahgunaan obat-obatan keras daftar G di Polrestabes Semarang. Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan ini adalah penelitian hukum yuridis sosiologis. Penelitian hukum Yuridis adalah penelitian yang fokus pada kajian tertulis yaitu dengan cara meneliti bahan pustaka, peraturan perundang undangan, keputusan pengadilan maupun teori hukum yang berkaitan dengan permasalahan yang diteliti. Sedangkan penelitian hukum sosiologis adalah suatu penelitian yang dilakukan oleh penulis secara langsung di lapangan. Berdasarkan Hasil Penelitian diketahui Langkah-Langkah Penyidik Satresnarkoba Polrestabes Semarang dalam proses penyidikan Tindak Pidana Narkotika di Wilayah Hukum Polrestabes Semarang yaitu sesuai dengan standart penyidikan yang sesuai dengan Peraturan Kapolri Nomor 14 Tahun 2012 dan Kendala penyidik dalam penyidikan terhadap pelaku tindak pidana penyalahgunaan obat daftar G di Polrestabes Semarang antara lain: kurangnya anggaran, sarana dan prasarana yang kurang memadai, kurangnya partisipasi dan kontrol dari masyarakat, kurangnya personel penyidik, saling terikatnya pelaku, dan teknik peredaran obat daftar G yang berubah-ubah, serta Solusi dari kendala-kendala tersebut antara lain : mengajukan penambahan anggaran penyidikan, melaporkan kekurangan sarana dan prasarana, mensosialisasikan kepada masyarakat agar memberikan informasi berkaitan dengan peredaran obat daftar G kepada penyidik, menambah personel penyidik, memberikan bujukan dan perlindungan kepada pelaku yang memberikan informasi dan menaruh informan untuk memantau perkembangan peredaran obat daftar G. Kata Kunci : Penyidikan, Penyalahgunan, Obat daftar G

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 03 Aug 2023 01:36
Last Modified: 03 Aug 2023 01:36
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30247

Actions (login required)

View Item View Item