CAHYANI, OKTIA NUR (2022) PENGARUH METODE TAHSIN BAGDADIYAH JADIDAH TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA AL QURAN PESERTA DIDIK DI LPPT ULUL ABSHOR BANYUMANIK SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
Text
Pendidikan Agama Islam_31501602432_fullpdf.pdf Download (3MB) |
|
Text
Pendidikan Agama Islam_31501602432_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (71kB) |
Abstract
Dalam lingkup Pendidikan Agama Islam, Pembelajaran Al-Qur’an dinilai penting sebagaimana dalam rangka memenuhi kebutuhan seorang muslim untuk mengenal dan mentadaburi Al-Qur’an baik secara lahiriah maupun batin. Hal menarik dari bertahannya sebuah metode tertua dari baghdad yang dikembangkan menjadi Baghdadiyah Jadidah menjadi sorotan yang bisa dikaji lebih dalam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang diuji dengan analisis korelasi. Lokasi yang ditentukan yaitu LPPT Ulul Abshor Banyumanik Semarang. Pengambilan sampel dilakukan sifatnya berupa sensus. Hal-hal yang dijadikan instrumen penelitian ini adalah data yang diambil berupa tes, kuisioner, dan dokumentasi. Pengolahan data dilakukan dengan uji validitas dan reliabilitas yang diolah lagi secara statistik untuk mengetahui uji hipotesis yang ditentukan. Pelaksanaan dari metode Baghdadiyah Jadidah memiliki pengaruh positif yang masuk dalam kategori “sedang”. Hal tersebut sesuai dengan standar nilai person correlation 0,41 s/d 0,60. Menggunakan taraf signifikan 5%. Hasil dari olah data Keterampilan membaca Al-Qur’an peserta didik kelas V dan VI menunjukkan kategori “cukup” dengan prosentase sebesar 57,1% pada rata-rata nilai siswa secara keseluruhan antara 60-73. Kata kunci : pengaruh, Metode Baghdadiyah Jadidah, Keterampilan Membaca Al-Qur’an
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam) |
Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA |
Date Deposited: | 03 Aug 2023 01:34 |
Last Modified: | 03 Aug 2023 01:34 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30244 |
Actions (login required)
View Item |