PERSEPSI, PANDANGAN DAN KEPUASAN PASIEN GANGGUAN JIWA TERKAIT PERAN APOTEKER TERHADAP KEPATUHAN MINUM OBAT DI RUMAH SAKIT JIWA DAERAH DR. AMINO GONDOHUTOMO SEMARANG

Puspita, Pynkky Dyah (2022) PERSEPSI, PANDANGAN DAN KEPUASAN PASIEN GANGGUAN JIWA TERKAIT PERAN APOTEKER TERHADAP KEPATUHAN MINUM OBAT DI RUMAH SAKIT JIWA DAERAH DR. AMINO GONDOHUTOMO SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB)
[img] Text
33101800067_fullpdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Ketidakpatuhan minum obat menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kekambuhan pada pasien gangguan jiwa yang menjadikan tidak terpenuhinya outcome terapi, sehingga pasien harus dirawat kembali. Dengan peran dari apoteker dalam manajemen pengobatan, konseling, dan pelayanan informasi obat dapat membantu pasien gangguan jiwa dalam meningkatkan kepatuhan minum obat. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui persepsi, pandangan dan kepuasan pasien gangguan jiwa terkait peran apoteker terhadap kepatuhan minum obat di RSJD Dr. Amino Gondohutomo Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah observasional dengan desain penelitian cross-sectional. Pengambilan sampel menggunakan teknik quota sampling dengan jumlah sampel yang diperoleh sebanyak 80 responden. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu berupa kuesioner yang telah dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan uji parametrik Pearson Correlation. Hasil penelitian ini terdapat pasien dengan diagnosa depresi ringan-sedang (53,8%), gangguan cemas (27,5%), dan bipolar (18,8%). Hasil kategori persepsi gangguan jiwa terhadap peran apoteker adalah tinggi (87,5%), kategori pandangan pasien gangguan jiwa terhadap peran apoteker adalah tinggi (71,3%), kategori kepuasan pasien gangguan jiwa terhadap peran apoteker adalah tinggi (86,3%). Dan kategori kepatuhan minum obat pasien gangguan jiwa adalah tinggi (91,3%). Pada analisis hubungan persepsi pasien gangguan jiwa terkait peran apoteker terhadap kepatuhan minum obat memiliki hubungan signifikan (p=0,000; r =0,413), pandangan pasien gangguan jiwa terkait peran apoteker terhadap kepatuhan minum obat memiliki hubungan signifikan (p=0,003; r =0,327), dan kepuasan pasien gangguan jiwa terkait peran apoteker terhadap kepatuhan minum obat memiliki hubungan signifikan (p=0,000; r =0,598). Pasien gangguan jiwa rawat jalan di RSJD Dr. Amino Gondohutomo Semarang memiliki persepsi, pandangan, dan kepuasan yang sangat baik terhadap peran apoteker dan kepatuhan minum obat yang sangat baik. Persepsi, pandangan dan kepuasan pasien gangguan jiwa terkait peran apoteker memiliki hubungan signifikan terhadap kepatuhan minum obat. Kata kunci : Persepsi, Pandangan, Kepuasan, Gangguan Jiwa, Peran Apoteker, Kepatuhan Minum Obat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Farmasi
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 31 Jul 2023 07:27
Last Modified: 31 Jul 2023 07:27
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30234

Actions (login required)

View Item View Item