ANALISIS YURIDIS PUTUSAN MAJELIS HAKIM TERHADAP TINDAK PIDANA PENYALAHGUNA NARKOTIKA (Studi Kasus Putusan Nomor 136/Pid.Sus/2021/PN Kdl)

Agustin, Presty Sonia (2023) ANALISIS YURIDIS PUTUSAN MAJELIS HAKIM TERHADAP TINDAK PIDANA PENYALAHGUNA NARKOTIKA (Studi Kasus Putusan Nomor 136/Pid.Sus/2021/PN Kdl). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB)
[img] Text
30301900271_fullpdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tindak pidana narkotika di Indonesia masih menjadi isu kejahatan yang mengkhawatirkan. Seiring berjalannya waktu, kejahatan narkotika telah berkembang sedemikian luas dan kompleks dengan mengancam dan merusak sendi-sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara apabila tidak ditangani dengan kompeten. Upaya penanganan terhadap tindak pidana narkotika utamanya dari segi yuridis bertujuan untuk memutus rantai penyebaran kejahatan narkotika khususnya tindak pidana penyalahguna narkotika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang menjadi dasar pertimbangan majelis hakim dalam memberikan putusan terhadap pelaku terbukti secara sah dan menyakinkan melakukan tindak pidana penyalahguna narkotika khususnya pada Studi Kasus Putusan Nomor 136/Pid.Sus/2021/PN.Kdl. Penelitian ini juga untuk mengetahui hambatan dan langkah penyelesaian majelis hakim dalam memberikan putusan terhadap pelaku tindak pidana penyalahguna narkotika. Metode penelitian yang dipakai dalam penulisan ini menggunakan metode pendekatan yuridis normative. Jenis penelitian ini termasuk kedalam deskriptif analisis, dengan teknik pengumpulan data melalui Pengadilan Negeri Kendal dan studi kepustakaan. Penulis menggunakan sumber bahan hukum sekunder yang berkaitan dengan judul dan mengambil dari buku-buku tentang hukum termasuk skripsi, disertasi hukum dan jurnal hukum. Hasil penelitian dan pembahasan ini yaitu bahwa dalam memberikan putusan terhadap pelaku terbukti secara sah dan menyakinkan melakukan tindak pidana penyalahguna narkotika berdasarkan fakta-fakta yang terungkap dipersidangan serta berdasarkan pertimbangan hakim yang bersifat yuridis maupun pertimbangan hakim yang bersifat non-yuridis. Adapun hambatan yang dihadapi Majelis Hakim adalah kualitas pada sarana dan prasana lebih tepatnya pada jaringan internet yang kurang baik di Terdakwa maupun Majelis Hakim, namun hal ini dapat teratasi dengan memperbaiki sarana dan prasana khususnya pada jaringan Internet di Pengadilan Negeri Kendal. Kata Kunci: Putusan Hakim, Tindak Pidana, Penyalahguna Narkotika

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 02 Aug 2023 02:08
Last Modified: 02 Aug 2023 02:08
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30227

Actions (login required)

View Item View Item