EFEKTIVITAS PEMBERIAN TERAPI MUSIK KLASIK TERHADAP GANGGUAN POLA TIDUR ANAK USIA 3-6 TAHUN DI PANTI ASUHAN NUR HIDAYAH, DAN PANTI ASUHAN MUAWANAH SEMARANG

Ilham Alfadhil, Sakti (2023) EFEKTIVITAS PEMBERIAN TERAPI MUSIK KLASIK TERHADAP GANGGUAN POLA TIDUR ANAK USIA 3-6 TAHUN DI PANTI ASUHAN NUR HIDAYAH, DAN PANTI ASUHAN MUAWANAH SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Keperawatan_30902100283_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ilmu Keperawatan_30902100283_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (504kB)

Abstract

Seseorang memiliki pola tidur baik, apabila durasi jam tidurnya terpenuhi, jika jam tidurnya tidak terpenuhi, maka seseorang tersebut mengalami gangguan pola tidur. Metode untuk mengatasi gangguan pola tidur adalah dengan metode terapi music klasik (Mozart), dan sleep hygiene. Tujuan penelitian untuk mengetahui efektivitas pemberian terapi music klasik Mozart, yang dilakukan di Panti Asuhan Nur Hidayah, dan Panti Asuhan Muawanah Semarang. Desain penelitian yang digunakan ialah Quasi Eksperimen, dengan Pre-Post Test With Control Group Design, yaitu dilakukannya pengukuran sebelum, dan sesudah perlakuan. Sampel yang digunakan berjumlah 32 dengan usia 3-6 tahun. Teknik sampling yang digunakan dengan Purposive Sampling, dan analisa data yang digunakan dengan uji chi-square post hoc, dan Wilcoxon. Karakteristik responden, meliputi jenis kelamin, dan umur. Untuk kelompok intervensi, dan kontrol paling banyak mengalami gangguan pola tidur adalah laki-laki berjumlah 5, dan 6 anak dengan presentase 55,6%, dan 50%, dan umur berada di 5 tahun yang paling banyak mengalami gangguan pola tidur, berjumlah 5, dan 6 dengan presentase 62,5%,dan 60%. Hasil penelitian Pre-Post dengan menggunakan uji chi-square post hoc, dan wilcoxon menunjukkan nilai pvalue 0,000 untuk kelompok intervensi, dan kontrol, dengan menggunakan metode terapi music klasik (Mozart), dan sleep hygiene. Kesimpulannya bahwa terdapat perbedaan gangguan pola tidur signikan antara kelompok intervensi, dan kontrol, baik pre, dan post test Kata kunci : Gangguan pola tidur, terapi music klasik, dan sleep hygiene Daftar Pustaka : 74 (2010-2021)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 02 Aug 2023 02:16
Last Modified: 02 Aug 2023 02:16
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30220

Actions (login required)

View Item View Item